Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Jika anda mempunyai flashdisk dan sering meng-formatnya pasti tidak asing dengan kata NTFS dan FAT32. NTFS (New Technology File System)  dan FAT32 (File Allocation Table) merupakan file system yang sering dipakai pada media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk, dan masih banyak lagi. Banyak orang bertanya mengapa flashdisk menggunakan FAT32 sedangkan harddisk menggunakan NTFS.

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa FAT32 dan NTFS memiliki perbedaan yang sangat besar terutama pada jumlah cluster dan support OS. Bukan hanya itu saja, masih banyak perbedaan antara NTFS dan FAT32 yang bisa disimak berikut ini.

Dari segi kompatibilitas sistem operasi

Sistem operasi merupakan software yang penting pada setiap komputer, sudah banyak OS yang dibuat sekarang ini seperti Windows, Linux, dan masih banyak lagi. File system FAT32 dapat bekerja hampir di setiap OS terutama Windows, Linux, DOS, dan yang lainnya. Sehingga media penyimpanan FAT32 dapat terbaca di OS yang berbeda.

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sedangkan file system NTFS tidak support dengan kebanyakan OS seperti Mac OS X, Mac OS X dapat membaca isi di dalam NTFS tetapi tidak dapat menulis data ke NTFS sehingga diperlukan software tambahan agar bisa menulisnya seperti Paragon NTFS for Mac. Namun jangan khawatir, OS yang sering kita gunakan seperti Windows dan Linux sudah kompatibel dengan NTFS sejak lama.

Dari segi ukuran maksimum per-file

Perlu diketahui bahwa file system FAT32 hanya dapat memasukkan ukuran maksimum per-filenya sebesar 4GB saja, sehingga jika anda memasukkan file yang ukurannya lebih besar dari 4GB ke dalam flashdisk berfile system FAT32 maka akan muncul dialog File too large. Untuk memasukkannya bisa dengan cara memecah file tersebut atau mengganti file system menjadi NTFS.

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sedangkan file system NTFS dapat memasukkan ukuran maksimum per-filenya lebih besar dari FAT32 yaitu sebesar 16Exabyte atau setara dengan 16 miliar GB. Sehingga anda akan lebih leluasa pada saat memasukkan file yang ukurannya besar.

Dari segi jumlah file maksimum

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Media penyimpanan dengan file system FAT32 dapat menampung hingga 65.517 buah file. Terserah berapapun ukurannya dan jenis filenya yang jelas FAT32 dapat menampung sebesar 65.517 buah file saja. Sedangkan NTFS dapat menampung lebih banyak dibandingkan FAT32 yaitu 4.294.967.295 buah file.

Dari segi ukuran cluster

Pada file system FAT32 ukuran clusternya memiliki besar 32KB, jadi kita menyimpan file notepad yang ukurannya kecil (misalkan 2KB) di FAT32 akan tetap tersimpan dengan ukuran 32KB. Hal ini tentu saja dapat menghabiskan free space media penyimpanan tersebut dengan cepat.

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sedangkan pada file system NTFS ukuran clusternya lebih kecil dibandingkan FAT32 yaitu 4KB, dan tentunya hal ini akan lebih menghemat free space agar tidak cepat habis dibandingkan dengan FAT32.

Dari segi keamanan

File system NTFS bisa dikatakan aman karena memiliki fitur enkripsi data dan file permission. NTFS juga memiliki tingkat kemungkinan data corrupt yang rendah karena sistem akan menyimpan terlebih dahulu data agar tidak hilang sebelum melakukan pemindahan data, sehingga jika komputer mati tiba-tiba pada saat file sedang diwrite, sistem tidak akan membutuhkan waktu lama pada saat proses pengembalian data (recover).

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sebaliknya, pada file system FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi dan file permission. FAT32 juga memiliki tingkat data corruption yang tinggi, sehingga sering terjadi data corrupt dan bisa dikatakan FAT32 tidak terlalu aman dibandingkan NTFS.

Dari segi ukuran partisi maksimum

File system FAT32 memiliki ukuran partisi maksimum sebesar 2TB, jadi jika anda memiliki harddisk dengan ukuran 3TB namun diformat menjadi FAT32, maka percuma saja yang dapat terbaca hanya 2TB.

Perbedaan NTFS Dengan FAT32

Sedangkan NTFS memiliki ukuran partisi maksimum yang lebih besar dibandingkan FAT32 yaitu 16Exabytes atau setara dengan 16 miliar GB, sehingga harddisk dengan ukuran 20TB pun akan terbaca.

Sudah tahu kan perbedaan NTFS dan FAT32?, File system NTFS memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan FAT32 namun ada kekurangannya juga.

Lalu mengapa harddisk memakai NTFS dan flashdisk FAT32, singkat saja karena ukuran flashdisk biasanya kurang dari 2TB, dan flashdisk biasa digunakan untuk mengcopy data yang ukurannya kurang dari 4GB, lalu flashdisk tidak membutuhkan proteksi lebih dari data corruption (fitur ini disebut journal) karena hanya akan mempercepat umur flashdisk.
Tag : Komputer

pernah denger kata ini pas waktu SMK, kebetulan jurusan TKJ,
jadi lebih baik NTFS ya

UP