Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Apa Itu Deep Web dan Cara Mengaksesnya

Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, saat orang mendengar kata ini biasanya mereka memikirkan tentang kejahatan, penjualan ilegal, peretas, informasi rahasia dan masih banyak lagi. Deep web memang mengandung banyak tentang hal-hal tersebut, tetapi masih banyak hal-hal lainnya yang disimpan di deep web.

Apa Itu Deepweb dan Cara Mengaksesnya

Apa itu deep web

Deep web atau yang biasa disebut dengan hidden web merupakan bagian internet yang tidak bisa diindeks oleh search engine manapun, termasuk Google, dan tidak bisa dibuka dengan mudah menggunakan browser biasa.

Deep web dapat dilihat dan diakses oleh publik, tetapi IP address servernya disembunyikan. Semua orang bisa mengakses deep web, tetapi sangat sulit untuk mengetahui siapa admin web tersebut.

Kebanyakan situs di deep web menyembunyikan identitasnya menggunakan Tor encryption tool. Tor biasa digunakan untuk menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi yang sebenarnya. Jadi kebanyakan web di deep web identitasnya sudah dienkripsi walaupun tidak semua deep web.

Seberapa besar deep web?

Apa Itu Deepweb dan Cara Mengaksesnya

Web yang sering kita buka dengan browser biasa disebut surface web, termasuk Google, Facebook, Yahoo, dll. Sedangkan deep web merupakan web yang tidak bisa dibuka dengan browser biasa. Deep web memiliki ukuran yang sangat besar beberapa kali lipat dari surface web. Ada yang mengatakan bahwa surface web hanya memenuhi 4% dari total internet. Perkiraan tersebut didasari dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Berkeley pada tahun 2001, menyatakan bahwa deep web memiliki ukuran sekitar 7.500 terabyte.

Bagaimana cara mengakses deep web?

Deep web sebenarnya sangat mudah untuk diakses oleh publik. Yang harus dilakukan hanyalah menginstall Tor browser dan membuka suatu alamat deep web. Tutorial berikut mungkin bisa membantu Anda:

1. Download terlebih dahulu Tor Browser di website resminya yaitu https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en.

2. Install kemudian buka Tor Browser.

3. Ketik salah satu alamat deep web di address bar Tor Browser, lalu tekan Enter. List alamat deep web bisa Anda lihat di web seperti http://thehiddenwiki.org/.
Apa Itu Deepweb dan Cara Mengaksesnya

Nah sekarang kita sudah bisa mengakses deep web. Gambar di atas adalah screenshot pada saat komputer saya sedang mengakses hidden wiki yang ada di deep web.

Tips dalam mengakses deep web agar aman

Deep web berisi banyak informasi yang tidak ada di website biasa, di dalam deep web biasanya banyak peretas yang ingin memasukkan sebuah virus ke dalam komputer Anda. Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah tips agar aman dalam mengakses deep web.

Jangan maximize window browser pada saat mengakses deep web

Mengapa jangan memaximize window?, ini dikarenakan website yang sedang kita akses biasanya menyimpan javascript yang memungkinkan mengetahui screen resolution kita. Apalagi di deep web, biasanya sangat banyak web yang menyimpan javascript tersebut, hanya dengan informasi screen resolution kita bisa tahu tentang berapa besar layar dan perkiraan spesifikasi komputer tersebut.

Jangan download file

Seperti yang kita tahu, deep web menyimpan hal-hal yang tidak kita duga. Apalagi deep web adalah sarangnya para peretas berkumpul, bisa saja mereka sudah memasukkan virus ke dalam file yang ingin kita download di deep web. Virus tersebut bisa berupa spyware ataupun malware.

Jangan masukkan informasi pribadi

Saat mengakses web yang memerlukan pendaftaran atau informasi pribadi di deep web apalagi dark web saya sarankan untuk tidak memasukkan informasi pribadi. Informasi pribadi tersebut seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat rumah, nomor hp, tanggal lahir, rek bank, dll. Sangat berbahaya jika kita memasukkan informasi tersebut, ditakutkan nantinya akan ada orang yang meneror atau lebih buruk lagi.

Gunakan VPN atau proxy

Saya anjurkan untuk menggunakan VPN atau proxy pada saat mengakses deep web. Ini bertujuan agar IP asli kita tidak terdeteksi oleh Tor Network ataupun deep web. Sebenarnya Tor network sendiri sudah mengamankan kita dari pendeteksian IP oleh deep web dengan memasang relay yang banyak, jadi tips yang kali ini opsional (boleh dilakukan, boleh tidak).

Selalu hati-hati

Tips yang terakhir adalah hati-hati dan waspada saat kita browsing di deep web. Ini dikarenakan deep web mengandung hal-hal yang seringkali berdampak negatif seperti penjualan narkoba, pembunuhan, perdagangan senjata, pedofil, kanibal, ilmu sesat dll, jadi Anda harus hati-hati agar jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang negatif tersebut.

Sekian artikel tentang apa itu deep web, semoga artikel sederhana ini bisa menambah wawasan Anda. Terimakasih.
UP