Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Perbedaan RAM dengan ROM

RAM pastinya sudah anda kenal dengan akrab bagi para pemakai komputer sejak lama. Tetapi apakah anda tahu apa itu ROM?. RAM dan ROM memiliki nama yang hampir sama tetapi saat anda mengetahui arti dari singkatan itulah anda akan mengetahui perbedaannya. Sebenarnya keduanya sama-sama menjadi hardware penyimpanan, tetapi kegunaannya dan cara kerjanya sangat berbeda.

Sebelum kita mengetahui tentang perbedaannya, kita harus mengetahui apa itu RAM dan apa itu ROM, berikut ini adalah pengertian RAM dan ROM.

Pengertian RAM

Perbedaan RAM dengan ROM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan penyimpanan data untuk program yang sedang berjalan, diminimize, berjalan di latar belakang, ataupun sedang aktif. RAM biasanya disebutkan dalam besaran MegaByte yang memiliki kecepatan write dan read yang cepat daripada Harddisk dan ROM. RAM biasanya digunakan untuk mempercepat kinerja komputer karena dapat menyimpan memori proses yang sedang berjalan pada komputer dengan kecepatan transfer data yang cepat.

Pengertian ROM

Perbedaan RAM dengan ROM

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory, bisa diketahui hanya dari namanya yaitu Read Only berarti hanya bisa dibaca dan tidak bisa diedit ataupun ditulis. Fungsi ROM sangat berbeda dengan RAM, biasanya RAM menyimpan data memori program yang sedang berjalan, yang bisa dibaca dan ditulis ulang, sedangkan ROM bersifat tetap dan permanen tidak bisa ditulis kembali. ROM dapat menyimpan gambar, lagu, musik. Pada komputer dan laptop ROM biasanya digunakan oleh BIOS untuk menyimpan data-data BIOS yang bersifat tetap dan tidak bisa dihapus. ROM juga ada yang berbentuk kaset, tape ataupun yang lainnya. Jika anda pernah mendengar kata CD-ROM berarti CD itu hanya bisa dibaca dan tidak bisa diedit ataupun ditulis ulang.

Sekarang anda sudah mengerti definisi dari RAM dan ROM kan?, berikutnya di bawah ini adalah perbedaan RAM dengan ROM.

RAM
  1. RAM dapat di tulisi dan di baca berulang-ulang kali, asal komputer berjalan dengan ada daya listrik ataupun yang lainnya.
  2. RAM berisi data dan memori program yang sedang berjalan, dan akan hilang dengan sendirinya saat komputer dimatikan, listrik mati, dan pada saat komputer dalam keadaan mati.
  3. RAM biasanya berbentuk IC atau yang biasa disebut dengan Intregrated Circuit.
  4. RAM tidak akan menyimpan data selama komputer mati ataupun tidak ada daya. Hal ini menyebabkan orang banyak yang kehilangan data pada saat komputer mati tiba-tiba
  5. Biasanya orang-orang membeli RAM tambahan atau mengganti RAM mereka dengan ukuran yang lebih besar untuk mengoptimalkan kinerja laptop ataupun komputer pada saat menjalanka banyak aplikasi.
  6. Kecepatan transfer data RAM lebih besar daripada ROM.
ROM
  1. ROM tidak bisa untuk ditulis, dan biasanya data pada ROM sudah diisi oleh pabrik. Misalnya ROM BIOS, CD Lagu, Tape.
  2. ROM hampir mirip seperti Harddisk dan SSD yaitu dapat menyimpan data walaupun komputer sudah dimatikan ataupun dalam keadaan mati.
  3. ROM modern sudah menggunakan bentuk IC (intregrated circuit).
  4. Data pada ROM tidak akan hilang walaupun daya mati tiba-tiba, karena bersifat permanen dan masih menyimpan data walaupun daya sudah dimatikan.
  5. ROM tidak dapat diisi data kembali karena sifatnya yang Read Only (hanya bisa dibaca), karena ROM biasanya digunakan untuk hardware komputer seperti BIOS, dan CD Musik, Film. ROM bisa ditulisi pada saat masih dalam keadaan kosong, tetapi memerlukan alat khusus yang bisa mengisi data pada ROM.
  6. Kecepatan transfer data pada ROM lebih kecil daripada RAM.
Sekarang sudah tahu kan betapa bedanya, meskipun namanya mirip RAM dan ROM memiliki fungsi dan sifat yang sangat berbeda. RAM merupakan tempatnya menyimpan memori program yang sedang berjalan, tetapi ROM hampir mirip seperti harddisk tetapi tidak bisa ditulis ulang.
Tag : Komputer
UP