Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat
Komputer yang lambat atau lemot tentunya sangat mengganggu kegiatan kita yang tergantung kepada komputer, seperti pekerjaan, sekolah, dan lain-lain. Masalah komputer lemot sudah banyak terjadi di belahan dunia, termasuk di Indonesia, tetapi yang sering terkena masalah komputer lemot biasanya laptop dan notebook.

Masalah komputer lambat pun pasti ada penyebabnya, mungkin karena perawatan yang tidak baik atau karena software yang diinstall di dalamnya.

Perhatikan tips di bawah ini.

Matikan beberapa service pada Windows

Banyak service yang berjalan pada saat Windows dinyalakan. Namun tidak semua service berguna bagi kita. Ada beberapa service yang tidak berguna, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Cara yang dibutuhkan adalah mematikan beberapa service yang dirasa tidak berguna itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Buka run, lalu ketikkan msconfig, lalu Enter
  • Masuk ke tab Services, lalu hilangkan centang pada service yang dirasa tidak berguna seperti di bawah ini.
Application Experience
Computer Browser (Jika komputer anda tidak disambungkan dengan internet)
Desktop Window Manager Session Manager (Jika tidak mahu guna Aero theme)
Diagnostic Policy Service
Distributed Link Tracking Client
IP Helper
Offline Files
Portable Device Enumerator Service
Print Spooler (Jika anda tidak menggunakan Printer)
Protected Storage
Remote Registry (Sentiasa dimatikan untuk tujuan keselamatan dari hacker)
Secondary Logon
Tablet PC Input Service
TCP/IP NetBIOS Helper
Themes ( Jika anda guna theme classic)
Windows Error Reporting Service
Windows Media Center Service Launcher
Windows Time (Jika anda tidak mau update sistem tray masa jam yang berkait dengan internet)
  • Lalu klik OK, jika diminta restart, restart saja.

Menghapus file sampah dengan Disk Cleanup

Cara Mengatasi Komputer yang Lemot
File sampah juga bisa memperlambat kinerja PC kita, karena memenuhi harddisk dan proses load akan lebih lambat daripada biasanya. Kita harus membersihkan file-file sampah tersebut, ada salah satu tools windows yang bisa membersihkan file-file sampah itu yaitu Disk Cleanup. Untuk membukanya klik kanan pada salah satu disk, lalu klik properties, lalu pilih Disk Cleanup pada tab general seperti pada gambar.

Defragmentasi harddisk

Cara Mengatasi Komputer yang Lambat
Fragmentasi pada harddisk juga menyebabkan komputer menjadi lambat. Bayangkan saja jika dalam satu ruangan dan ada banyak buku yang berserakan di lantai, dan anda sedang mencari salah satu buku dari kebanyakan buku yang berada di situ, apakah anda bisa mencarinya dengan sekali kejapan. Tentu saja akan memakan waktu yang sangat lama untuk mencari buku tersebut, itulah yang disebut dengan fragmentasi yaitu beracak-acakan. Untuk mengatasinya kita memerlukan defragmentasi yaitu mengurutkan semuanya sehingga proses akan berjalan lebih cepat.

Untuk melakukan defragmentasi kita hanya memerlukan tools bawaan windows, cara membukanya: buka my computer, lalu klik kanan pada salah satu disk yang mau didefrag, pilih properties, masuk ke tab tools, pilih Optimize, seperti pada gambar. Defragmentasi ini sebenarnya harus dilakukan rutin, minimal sebulan sekali agar komputer tidak berjalan lambat.

Meminimalkan visual effects pada Windows

Visual effects adalah yang membuat komputer anda menjadi semakin lebih cantik dan enak untuk dilihat. Jika saja anda spesifikasi komputer anda rendah maka anda bisa meminimalkan visual effects pada komputer anda sehingga akan menjadi lebih lancar.
  • Klik kanan pada My Computer, lalu pilih properties.
  • Pada window System properties, lihat ke kanan dan pilih Advanced system settings.
  • Lalu akan muncul window baru, klik pada tab Advanced, kemudian klik Visual Effects pada performance options.
  • Lalu pilih pada Adjust for best performance, atau anda bisa menghilangkan semua centang dengan manual lalu klik OK.
Uninstall program yang tidak penting

Jika saja anda memiliki program yang jarang dipakai sebaiknya uninstall saja aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut hanya menjadi sampah dan hanya melambat-lambatkan PC. Anda bisa menguninstallnya lewat control panel, lalu cari Uninstall pada tab pencarian.

Bersihkan komputer dari virus

Jika saja komputer anda tidak memiliki antivirus dan anda merasa komputer anda menjadi lambat, mungkin ada virus yang bertempat di komputer anda. Virus dapat menyebabkan komputer anda menjadi lambat dan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. Dalam beberapa kasus virus bisa mencuri data anda, password, dan tentunya mengganggu anda. Karena itu anda harus membersihkan komputer dari virus, untuk membersihkannya anda memerlukan sebuah antivirus. Baca juga Antivirus Terbaik 2015 Untuk Windows.

Memperbaiki dan membersihkan registry

Registry error biasanya dapat memperlambat PC. Biasanya disebabkan karena proses uninstall program yang tidak benar yaitu dengan hanya menghapus folder programnya saja. Anda bisa membersihkannya dengan tools yang bisa anda download di internet. Misalnya CCleaner, AVG PC Tuneup, dan masih banyak lainnya.

Demikian yang bisa saya tulis tentang cara mengatasi komputer lambat, jika anda ingin bertanya bisa ditanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Semoga bermanfaat.

kalau hardisk bad sector gimana ya gan caranya?

Tergantung jenis badsectornya gan, kalau hardbadsectoor udah nggak bisa diperbaiki. Kalau softbadsector masih bisa diperbaiki dengan chkdsk

UP