Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Tips Sebelum Membeli Komputer Rakitan

Saat smartphone, tablet, laptop, iPhone sedang dalam titik puncaknya, komputer masih sering dipakai oleh masyarakat dalam mengakses internet dan mengerjakan tugas kantor, sekolah, dll. Biasanya warnet-warnet menggunakan komputer sebagai tempat pengunjungnya mengakses internet. Namun komputer apakah yang mereka pakai?, bermerek kah, dari pabrik langsung kah, di rakit sendiri kah?. Kita tidak tahu, yang jelas kebanyakan komputer di warnet memakai komputer rakitan karena biaya yang lebih murah.

Tips Sebelum Membeli Komputer Rakitan

Komputer rakitan biasanya tidak langsung dari pabriknya. Biasanya komputer rakitan dirakit oleh orang sehingga bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Komponen yang dipakai pun beragam merk. Mungkin kita sudah berpengalaman dalam membeli laptop ataupun komputer langsung dari pabriknya dalam keadaan baru. Namun jika membeli komputer rakitan kita harus menanya terlebih dahulu kepada yang pernah membeli komputer rakitan.

Berikut ini adalah tips dalam membeli komputer rakitan.

Sesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari

Sebelum membeli komputer rakitan ada baiknya kita menyesuaikan komputer rakitan tersebut dengan kebutuhan kita sehari-hari. Hal ini dilakukan agar kita tidak kerepotan nantinya. Misalnya kebutuhan sehari-hari kita adalah gaming. Komputer gaming memerlukan spesifikasi yang tinggi, dan jangan sampai kita membeli komputer rakitan dengan kebutuhan standar (untuk mengetik, dan mengakses internet). Karena jika kita lakukan itu, kita akan mengeluarkan biaya tambahan yang banyak agar keperluan gaming kita terpenuhi, misalnya untuk mengupgrade beberapa hardware.

Menentukan budget dengan komputer rakitan yang ingin dibeli

Selain kebutuhan, kita juga harus menyesuaikan uang kita dalam membeli komputer rakitan. Untuk komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi (biasa digunakan untuk gaming, video editing, dll) biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi karena komponen-komponen yang dirakit dalam komputer rakitan tersebut mahal. Sedangkan jika kita ingin membeli komputer dengan spesifikasi standar (untuk mengerjakan tugas, mengakses internet, mendengarkan musik) biasanya biayanya tidak terlalu mahal.

Menentukan komponen yang akan dibeli

Jika kita membeli komputer rakitan, biasanya kita bisa memesan kepada toko tersebut untuk menentukan komponen yang akan dirakit dalam komputer tersebut. Komponen yang bisa kita pilih antara lain VGA, Processor, RAM, Bluetooth, WiFi, dan yang lainnya. Kita juga bisa membeli keperluan tambahan seperti keyboard, mouse, speaker dan yang lainnya. Ingat sesuaikan budget anda dalam membelinya.

Mencari informasi tentang review komputer

Sebelum membeli komputer rakitan, tidak ada salahnya untuk mencari informasi-informasi tentang komputer, komponen komputer, dan apa merk yang bagus untuk komputer. Hal ini dilakukan agar anda tidak dibodohi oleh toko yang merakit komputer. Anda bisa mencari informasi-informasi tersebut di internet atau juga bisa bertanya kepada teman anda yang pandai tentang dunia komputer.

Mencari toko yang terpercaya dan berpengalaman

Setelah anda sudah siap untuk membeli komputer rakitan, langkah selanjutnya adalah mencari toko untuk membeli komputer rakitan tersebut. Carilah toko yang memang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Anda bisa bertanya kepada teman anda yang pernah membeli komputer rakitan dimana toko yang menjual komputer rakitan yang bagus. Biasanya toko yang bagus akan memasang garansi terhadap komputer rakitan tersebut.

ane masih belum percaya yang namanya komputer rakitan gan :V
rakitan hanya mitos :V ane lebih percaya yang build up aja :V

Itu nama lainnya gann...

Jujur saya sendiri lebih suka rakitan..
Ini PC yang saya hasil dari rakitan sendiri..
Lebih banyak untungnya jika PC nya rakitan sendiri

iya gan, hardwarenya bisa kita pilih sendiri...

UP