Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Hal-hal yang Dilakukan Saat Program Pada Komputer Macet

Program komputer sering macet pada saat mesinnya terlalu lama hidup atau terlalu panas sehingga menjadi berhenti, not responding atau yang biasa disebut dengan ngehang. Hang biasanya ditandai dengan komputer tidak merespon atau layar menjadi blank karena program yang macet. Ada juga komputer yang pada saat suhu mesinnya terlalu panas langsung mematikan dayanya secara otomatis. Biasanya apa yang anda lakukan saat komputer sedang ngehang?, memanggil tukang servis komputer atau menunggu komputernya sampai tidak ngehang lagi.

Hal-hal yang Dilakukan Saat Program Pada Komputer Macet

Saya mempunyai beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komputer ngehang. Anda bisa melakukannya terhadap laptop maupun desktop anda yang sedang mengalami hang atau program yang macet total.

Menutup program yang macet tersebut

Hal yang pertama anda lakukan adalah mencoba untuk menutup program yang not responding atau ngehang tersebut. Anda bisa menutup program tersebut dengan menekan hotkey ALT + F4 atau jika mouse masih bisa digerakkan anda bisa menutup program tersebut dengan tombol silang pada pojok kanan atas window tersebut.


Membuka task manager lalu end task

Membuka task manager merupakan alternatif jika langkah pertama tidak berhasil. Terkadang program yang ngehang tidak bisa ditutup dengan mouse ataupun dengan hotkey alt f4. Untuk menutupnya secara paksa kita harus melakukan end task pada program yang ngehang tersebut. Membuka task manager dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC, lalu pilih program yang ngehang dan klik end task.


Menekan tombol CTRL + ALT + DEL

Terkadang pada saat program tersebut macet total kita harus logout ataupun merestart komputer/laptop tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + DEL, lalu akan muncul opsi untuk membuka task manager, logout, restart, dan shutdown. Pilih saja shutdown/restart agar program yang macet tersebut tertutup dengan sendirinya.


Menekan tombol restart yang ada pada CPU

Saat kita tidak bisa menekan tombol apapun pada keyboard dan mouse kita tidak punya pilihan lagi selain merestart komputer tersebut dengan paksa. Untuk melakukan restart anda bisa menekan tombol restart pada cpu di komputer anda, tombol restart ini tidak tersedia pada laptop, namun beberapa model laptop ada yang memiliki tombol restart. Letak tombol restart pada komputer biasanya terletak di dekat tombol on pada CPU komputer.


Mematikan komputer/laptop secara paksa

Jika saja hal-hal di atas tidak bisa kita lakukan ini mungkin adalah cara opsional yaitu dengan cara mematikan komputer/laptop secara paksa. Kita bisa mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol on sekitar 10 detik lalu laptop akan mati dengan sendirinya. Untuk komputer bisa langsung mencabut sumber daya, sehingga komputer akan mati. Cara ini hanya dilakukan pada saat anda tidak bisa melakukan apa-apa lagi, dan jangan melakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak motherboard pada komputer/lapto anda.

Itulah hal-hal yang bisa anda lakukan saat program komputer/laptop macet. Bagi yang ingin bertanya silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat.

Thanks banget udah ngebantuin nih artikel 😀

UP