Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Memblokir situs sepertinya perlu di Indonesia, utamanya di situs-situs yang terlarang, seperti penjualan narkoba, pornografi ataupun yang lainnya. Selain diblokir oleh ISP tersendiri seharusnya kita harus mandiri dan memblokir situs itu dikomputer kita sendiri agar tidak bisa dibuka di komputer itu.

Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Terutama pada tahun 2015 ini sudah banyak web-web yang mengganti domainnya, sehingga bisa dibuka kembali. Tentunya jika dibuka oleh anak kecil pastinya akan merusak generasi selanjutnya. Cara ini saya harapkan juga diterapkan di warnet-warnet untuk memblokir situs terlarang tersebut. Ada banyak software/program yang berfungsi untuk memblokir situs-situs tersebut. Kita tentunya bisa menggunakan software-software tersebut, namun ada cara yang lebih mudah dan tanpa memerlukan software, yaitu dengan menggunakan file hosts yang tersedia di Windows.

File ini berfungsi untuk mengalihkan dns web-web tertentu jika sudah dituliskan di dalamnya. File ini tentunya bisa berfungsi untuk pemblokir situs-situs terlarang tersebut. Hanya dengan berbekal notepad kita bisa memblokir situs-situs terlarang tersebut di komputer kita sendiri.

Berikut ini adalah cara untuk memblokir situs web di komputer pribadi.

1. Pertama anda harus membuka file hosts di C:\Windows\System32\drivers\etc lalu cari file yang bernama "Hosts", klik kanan Open with > Notepad.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

2. Saat dibuka dengan notepad, akan nampak petunjuk penggunaan file hosts tersebut. Kemudian untuk memblokir situs yang ingin anda blokir tinggal ketikkan Ip local host yaitu 127.0.0.1 disampingnya ketikkan situs yang ingin di blokir, contohnya seperti gambar di bawah ini.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

3. Lalu simpan file hosts tersebut. Coba di lakukan di browser dengan membuka situs yang sudah dituliskan di file host tadi. Jika sudah berhasil maka situs tersebut tidak bisa dibuka seperti gambar di bawah ini.
Cara Mudah Memblokir Situs Web di Komputer Pribadi

Tambahan:
Jika web tersebut masih bisa diakses, anda harus membuka cmd lalu ketikkan ipconfig /flushdns lalu tekan enter. Setelah itu kosongkan cache di browser dan restart komputer anda.

Untuk mengembalikannya tinggal menghapus web yang sudah dituliskan di file hosts yang tadi. Sekian yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat bagi anda. Bagi yang mengalami masalah atau ingin bertanya bisa dituliskan di kotak komentar di bawah post ini. Terimakasih.

gan pas nge-savenya itu kok ga bisa ya? tolong di perjelas lagi

Coba gan buka dulu notepadnya dengan run as administrator, lalu seret file hostsnya ke dalam window notepad yang sudah di run as administrator

cara mengembalikannya bagaimana

tinggal dihapus aja barisnya gan..

di komputer saya tidak ada folder ext tersebut?

masa sih gan?, kalau pakai Windows pasti ada folder tersebut

ente pakai Windows apa?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

masih ngak bisa min, apanya yang salah min?

kalau nggak bisa, copy dulu file hostnya terus paste di luar dan diedit, kalau udah disave lagi.

Terus pindahin lagi file host yang tadi udah dipaste ke folder C:\Windows\System32\drivers\etc, kalau ada pertanyaan klik saja Replace

Thank Gan,, udah berhasil dan effektif sekali!!

ane susah nge save terus ane pake cara kalau nggak bisa, copy dulu file hostnya terus paste di luar dan diedit, kalau udah disave lagi.

Terus pindahin lagi file host yang tadi udah dipaste ke folder C:\Windows\System32\drivers\etc, kalau ada pertanyaan klik saja Replace

tapi situsnya masih bisa d buka gimana tuh gan

coba ketik ipconfig /flushdns di cmd

saya save di my documents and bisa, makasih infonya gan!

Saya sudah ikuti petunjuknya nih, termasuk ketik ipconfig/flushdns di cmd. Sudah clear cache, cookies, sudah restart juga. Namun saat test, masih bisa masuk ke facebook.

Coba cek proxynya dan kalau agan pakai plugin data saver atau anonymox itu dilepas dulu..

Tidak pakai plugin data saver dan anonymox gan. Karena ini laptop pribadi dan suka di bawa ke kantor, jd oleh IT kantor di set sbb: internet option -- connections -- never dial a connection. Di LAN setting itu yg di tick/centang adlh "use automatic configuration script (addressnya intranet kantor. Di bagian proxy server tidak di centang.

Coba yang dimasukkan ke file hostnya yang ada www nya saja, dan clear cache browsernya sampai bersih atau install ulang browser

Sudah saya coba lagi, edit file hostnya, clear cache, restart. Laptop telah terkoneksi ke internet, coba masuk ke google malah tidak bisa. Error message "this page can't be displayed", lalu sy klik button fix connection problems. Muncul Problems found : The DNS server isn't responding - detected. Jadi saya close windows network diagnosticnya. Kenapa ya?

maklum gaptek :)

Cuma buka Google atau semua website yang nggak bisa dibuka?.

DNS server isn't responding biasanya jaringannya lagi bermasalah (lebih tepatnya DNSnya yang tidak merespon). Agan ini lagi terhubung ke intranet kantor atau melalui modem?.

semua website nggak bisa dibuka. Lagi terhubung internet dengan modem

Cek kuota dan masa aktif kartu agan.

Lihat juga DNSnya, jika memakai DNS set saja lagi menjadi Obtain DNS server address automatically

selamat siang gan
kalo saya apply untuk blok facebook di komputer A yang terhubung dengan router
apakah nanti facebook ga bisa saya akses di HP juga? (hp terkoneksi dengan wifi di jaringan yang sama dengan komputer A)

di HP facebooknya masih bisa dibuka, kecuali kalau HPnya terhubung langsung dengan komputer A menggunakan internet connection sharing...

Sore Gan,

Setelah cek koneksi internet, skrg udah bisa lagi. Lanjut mau blokir facebook di laptop, semua sdh di ikuti, masih belum berhasil. Sekalian mau tanya, sy nyoba blokir facebook/youtube di hp android melalui DSN-nya juga belum berhasil. Maksudnya kalo mau blokir login facebook via website di hp (bukan via app). Kenapa ya?

Dicoba lagi gan..., pastikan proxynya dihapus dan kalau bisa Use automatic configuration script dihilangkan centangnya...

Maaf mas, td saya coba memblokir beberapa situs
Tp knp jadi tdk bisa ya coneksi internetnya.
Sudah saya coba hapus file yg saya save tadi tp internetnya ttp ga bisa

Apakah komputern agan menggunakan dns untuk mengakses internet, dan apakah tadi anda memasukkan ipconfig /flushdns pada command prompt?

Kalau iya berarti agan harus setting dnsnya kembali seperti semula. Kalau tidak, bisa gunakan fitur recovery yang ada di Windows..

UP