Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Apakah Jaringan WiFi Bisa Menggantikan Kabel LAN

LAN (singkatan dari Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang jangakuan jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti sekolah, kantor, rumah, atau yang lainnya. Saat ini kabel LAN kebanyakan menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data mencapai 1000 Mbps dan rata-rata 100 Mbps.

Apakah Jaringan WiFi Bisa Menggantikan Kabel LAN

Kabel LAN memang sudah digunakan oleh banyak orang karena sudah ditemukan pada tahun 1960 yang pada awalnya sebuah universitas dan laboratorium riset membutuhkan kecepatan tinggi antar sistem komputer. Pada kabel LAN biasanya untuk menghubungkan lebih dari dua komputer memerlukan benda yang disebut router untuk mengatur koneksi antar sistem komputer tersebut.

Fungsi LAN

LAN ini membawa manfaat untuk memindahkan file-file besar secara cepat tanpa melalui flashdisk ataupun media penyimpanan lainnya. LAN juga bisa digunakan untuk bermain multiplayer antar komputer yang terhubung dengan jaringan LAN tersebut.

Selain teknologi Ethernet, sekarang sudah ada teknologi LAN yang bernama 802.11b atau yang biasa disebut dengan Wi-Fi. Pertama kali Wi-Fi muncul di Indonesia pada teknologi laptop dan handphone seperti Blackberry.

Apakah WiFi sama seperti Kabel LAN?

Kebanyakan orang hanya mengetahui Wi-Fi berguna untuk mengakses jaringan internet dengan mudah layaknya operator seluler. Prinsip WiFi sebenarnya sama seperti teknologi Ethernet tetapi perbedaannya Ethernet menggunakan kabel untuk menciptakan Jaringan LAN sedangkan WiFi menggunakan gelombang elektromagnetik (Jaringan nirkabel, tanpa kabel) untuk menciptakan jaringan LAN. WiFi juga bisa berfungsi sebagai LAN, berbagi printer, file musik, gambar, dan file-file yang besar. WiFi juga dapat digunakan sebagai pengganti LAN untuk bermain game secara multiplayer.

Tetapi mengapa pada jaringan WiFi umum kita tidak bisa melihat file yang dishare seperti pada kabel LAN

Tempat-tempat yang menyediakan jaringan WiFi biasanya disebut dengan hotspot. Pada jaringan LAN pada kantor atau sekolah, kita dapat melihat komputer-komputer lain yang menggunakan komputer maupun melihat dan mengakses file-file yang ada di komputer itu tanpa mendekati komputer itu. Tetapi saat kita menggunakan WiFi umum mengapa kita tidak bisa melihat maupun mengakses file-file yang ada di komputer yang sedang tersambung ke hotspot.

Apakah Jaringan WiFi Bisa Menggantikan Kabel LAN

Itu karena hotspot umum biasanya memblok jaringan untuk alasan keamanan, karena pada jaringan WiFi biasanya para hacker bisa membajak komputer tersebut dengan sangat mudah dan bisa mengirimkan virus dengan cepat tanpa sepengetahuan pengguna. Namun jika kita pemilik hotspot tersebut, kita bisa menyalakan fitur sharing layaknya kantor, sekolah yang dapat berbagi file tanpa menggunakan flashdisk.

Berapakah kecepatan transfer yang bisa dilakukan oleh kabel LAN dan WiFi?

Kecepatan transfer keduanya pun sangat berbeda, umumnya kabel LAN memiliki kecepatan transfer rata-rata 100 Mbps (atau sekitar 12 MB/s), sedangkanWiFi biasanya memiliki kecepatan rata-rata 60 Mbps (atau sekitar 5 MB/s).

Jaringan WiFi sebenarnya memang dirancang sebagai pengganti kabel LAN karena penggunaannya yang tidak ribet dan tidak memakai kabel. Para ahli sekarang sedang mengoptimalkan kecepatan pada jaringan WiFi tersebut sehingga menjadi lebih cepat nantinya.

Mungkin artikel-artikel ini bisa membantu:
UP