Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Virus komputer merupakan hal yang sangat mengganggu kita dan bisa merusak komputer itu sendiri. Virus komputer bisa menyebar dari internet, flashdisk, LAN, dan jaringan yang lainnya. Sudah banyak komputer yang terinfeksi oleh virus komputer sehigga harddisknya harus diformat untuk menghapus semua virus tersebut, tetapi ada juga virus yang efeknya tidak terlalu parah sehingga harddisknya tidak harus diformat.

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Coba anda lihat ke komputer anda, apakah komputer anda sudah terkena virus. Kita tidak bisa melihatnya dari fisik, tetapi bisa kita lihat dari beberapa tanda yang memungkinkan bahwa komputer tersebut sudah terkena virus. Bahkan antivirus pun kadang-kadang tidak bisa mengatasi datangnya serangan virus. Mari kita simak tanda-tanda komputer terkena virus.

Komputer menjadi lambat daripada sebelumnya

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Sebelum komputer anda ditempati oleh virus biasanya komputer tersebut akan berjalan biasa-biasa saja. Tetapi setelah virus datang komputer tersebut menjadi lambat, karena virus menggunakan banyak resource komputer. Tetapi komputer menjadi lambat juga bisa disebabkan oleh anda yang memasang banyak software sehingga harddisk menjadi penuh.

Beberapa program menjadi sering not responding

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Not responding atau tidak merespon sering dialami oleh pengguna komputer, terutama yang komputernya lambat. Jika komputer anda jarang not responding sebelumnya dan sekarang menjadi sangat sering not responding. Anda harus waspada komputer anda bisa saja terkena virus. Aplikasi Explorer.exe pun menjadi sasaran para virus, sehingga komputer menjadi ngehang dan harus direstart.

Munculnya toolbar dan iklan yang banyak

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Jika anda belum pernah menginstall toolbar di komputer anda, perlu diwaspadai mungkin itu adalah virus. Toolbar itu akan melambat-lambatkan akses internet anda dan bisa saja mencuri data penting seperti password. Toolbar ini sering terpasang saat kita menginstall aplikasi yang biasanya mengiklankan toolbar tersebut.

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Iklan merupakan sarana untuk menawarkan produk agar laku. Namun bagaimana jika komputer anda menjadi tempat sarang iklan yang sangat banyak?. Jika iklan tersebut muncul sebelum anda membuka suatu web, berarti komputer anda sudah terkena virus yang dinamakan Adware.

Adanya aplikasi tidak dikenal terinstall

Aplikasi-aplikasi umum seperti Google Chrome, Mozilla Firefox itu merupakan aplikasi yang sering kita jumpai. Namun bagaimana jika tiba-tiba ada aplikasi yang terinstall tanpa sepengetahuan kita dan nama aplikasi tersebut tidak jelas. Itu biasanya adalah virus yang sedang menyerang di komputer anda. Jika anda menemukannya, segera uninstall aplikasi yang tidak dikenal itu.

Homepage browser berganti

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Virus biasanya akan mengganti homepage browser pada komputer yang ditempatinya. Biasanya homepage tersebut berupa search engine selain Google, bahkan namanya saja tidak jelas dan tidak pernah kita dengar sebelumnya. Biasanya homepage diganti tanpa sepengetahuan kita.

Saat mencolokkan flashdisk, isinya berubah menjadi shortcut

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Saya pernah mengalami hal yang satu ini. Waktu itu ada teman saya yang meminta suatu file di laptop saya, tetapi pada saat saya mencolokkan flashdisk tersebut, isi flashdisk tersebut menjadi shortcut semua. Virus ini biasa disebut dengan virus shortcut atau biasa yang disebut dengan virus ramnit. Anda bisa mengatasinya dengan Cara Membasmi Tuntas Virus Ramnit.

Ikon pada dekstop hilang, dan data-data hilang

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Hal ini banyak dialami oleh banyak orang. Saat menutup sebuah aplikasi dan melihat desktopnya, saat itu juga ikon desktopnya semua hilang tanpa sebab. Saat melihat data-datanya tiba-tiba semuanya menjadi hilang. Itu biasanya diakibatkan oleh virus yang sangat bandel. Tetapi biasanya data-data tersebut tidak sebenarnya hilang, melainkan hanya dihidden oleh virus sehingga harus diunhide untuk melihat data tersebut kembali.

Antivirus terdisabled sendirinya

Tanda-tanda Komputer Terkena Virus

Untuk mendisable antivirus biasanya memerlukan izin dari administrator. Tetapi virus tersebut bisa mendisablenya tanpa harus mendapatkan hak administrator dengan mudah, sehingga virus bisa menyerang secara leluasa di komputer anda. Untuk mencegahnya anda harus meningkatkan keamanan antivirus anda dengan cara mengupdatenya secara berkala sehingga menambah database dan keamanan terhadap virus.
UP