Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Pada Windows umumnya kita disediakan 4 pilihan pada saat ingin mematikan komputer yaitu sleep, hibernate, restart dan shut down. Kita sudah sering menggunakan shut down pada saat komputer sudah selesai digunakan, dan restart pada saat komputer sudah terlalu lamban atau terlalu lama digunakan sehingga membutuhkan restart agar tidak terasa lambat lagi. Tetapi ada dua pilihan yang sangat jarang kita pilih pada saat menggunakan komputer yaitu Sleep dan Hibernate.

Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Pernahkah anda meninggalkan komputer saat sedang menyala dalam waktu kurang lebih 1 jam dan tiba-tiba komputer menjadi mati sendiri, tetapi pada saat kita nyalakan ternyata tugas-tugas yang kita kerjakan tadi tidak hilang, sebenarnya pada saat itu komputer tidak mati melainkan hanya masuk ke mode sleep agar penggunaan daya lebih hemat. Sedangkan untuk hibernate sebenarnya prinsipnya hampir sama dengan sleep tetapi sedikit berbeda, mari kita simak perbedaannya di bawah ini.

Sleep

Mode sleep sebenarnya dibuat untuk menghemat baterai pada saat komputer sedang tidak digunakan oleh penggunanya. Mode sleep ini sangat membantu tetapi terkadang malah merepotkan, membantu karena dapat menghemat penggunaan listrik dan menyimpan aplikasi yang tadinya sedang dibuka sehingga tidak tertutup pada saat mode sleep, merepotkan apabila komputer sedang ditinggal secara sengaja karena sedang mendownload dan tiba-tiba masuk ke mode sleep secara otomatis download akan terpause dan percuma juga kita meninggalkan komputer tersebut.

Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Cara kerja mode sleep yaitu menyimpan memory aplikasi yang sedang dibuka ke dalam RAM lalu mematikan hampir semua komponen komputer kecuali RAM dan beberapa komponen lainnya seperti lampu indikator sehingga mode ini sangat menghemat penggunaan listrik atau baterai. Pada saat kita menyalakan komputer dari mode sleep, kita akan melihat aplikasi yang masih terbuka.

Hibernate

Mode Hibernate atau hibernasi sering kita dengar jika sedang membicarakan hewan yang tidurnya sangat lama, hibernasi binatang pun mirip dengan hibernasi pada komputer. Mode hibernate hampir sama seperti mode sleep yaitu saat kita memilih mode hibernate maka data aplikasi yang sedang terbuka akan tersimpan.

Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Tetapi perbedaannya bisa kita lihat dari media penyimpanan yang digunakan oleh mode hibernate dan mode sleep. Jika mode sleep menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka, hibernate menggunakan harddisk sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka. Cara kerjanya yaitu Hibernate akan menuliskan semua memory yang ada di RAM ke harddisk, sehingga RAM akan kosong dan komputer dimatikan secara otomatis dengan cara di-shutdown.

Ada juga perbedaan lainnya yaitu mode hibernate lebih hemat listrik (bahkan tidak menggunakan listrik sama sekali) daripada mode sleep karena mode hibernate akan mematikan semua hardware layaknya shutdown tetapi tetap menyimpan data RAM di harddisk.

Sedikit info bagi anda, mode sleep sangat cocok jika komputer tidak digunakan dalam jangka waktu yang dekat sekitar 1 hari dan 2 hari, sedangkan hibernate cocok jika digunakan jika komputer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lumayan jauh bahkan tidak terbatas bisa sebulan, setahun, seabad. Tetapi proses penyalaan komputer akan lebih lama jika menggunakan mode hibernate.
Tag : Komputer

jadi dengan kita tau perbedaan sleep dan hibernate kita bisa mengatasi beberapa hal ya kang.

dengan kita tahu perbedaan antara sleep dan hibernate, kita bisa memanfaatkan kedua fitur tersebut dengan lebih baik lagi

UP