Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Tips Agar Flashdisk Awet

Tips Agar Flashdisk Awet
Sudah banyak flasdisk yang beredar di pasaran sehingga harga flasdisk pun semakin murah dari hari ke hari karena perusahaan tersebut mencari untung. Tapi kita hanya asal asalan memilih flasdisk tanpa melihat spesifikasinya malahan yang dilihat hanya dari ukuran. Jika ukurannya besar tapi tidak awet buat apa, itu hanya membuang-buang uang. Flasdisk yang diperlukan oleh masyarakat adalah flashdisk yang awet dan memiliki spesifikasi yang sepadan dengan penggunaan kita sehari-hari.

Dalam memilih flashdisk yang bagus memang beragam, tapi apakah cara merawatnya sudah benar. Jika saja anda membeli flashdisk dengan merek bagus tetapi anda tidak rawat dengan baik tentunya flashdisk tersebut akan lebih cepat rusak. Berikut adalah tips menjaga flashdisk agar awet.

Eject flashdisk terlebih dahulu sebelum dicabut
Fitur eject memang sudah ada di Windows dan gunanya untuk menghentikan semua program yang berkaitan dengan flashdisk untuk dicabut. Jika saja anda sering cabut flasdisk tanpa dieject akan muncul beberapa masalah misalnya seperti kasus ukuran flasdisk menjadi 0 byte dan itu harus segera diperbaiki. Cara mengeject flasdisk sangat mudah, hanya dengan dua kali klik agar flasdisk anda tidak rusak.

Jangan mendefrag flashdisk
Memang defragment dianjurkan agar kinerja lebih cepat, defrag berguna untuk mengurutkan file agar lebih mudah dibaca oleh komputer saat dimuat jika filenya acak-acakan komputer akan lama untuk memuat file tersebut. Namun defrag tidak dianjurkan untuk flashdisk, karena pada dasarnya flashdisk tidak perlu didefrag, dan saat didefrag justru malah mengurangi umur flasdisk karena flashdisk ada batasan read dan writenya kira-kira sebanyak 100000 kali atau lebih.

Jangan banting flashdisk
Hampir sama dengan hardware lainnya yang tidak tahan dibanting dengan keras. Jika saja terbanting kemungkinan sudah ada komponen di flashdisk tersebut yang rusak. Jika komponen di dalam flashdisk tersebut rusak kemungkinan bisa menyebabkan flasdisk error atau yang lebih parah.

Jangan sampai terkena air
Flashdisk sama dengan perangkat yang lainnya yang tidak tahan dengan air. Jika anda seorang pelajar, periksa kembali saku anda dan jangan sampai flashdisk tersebut tercuci kecuali flashdisk anda sudah anti air.

Jauhkan dengan medan magnetik atau perangkat elektronik lainnya
Efek magnet tidak baik untuk peralatan elektronik, dan bisa mengakibatkan arus listrik yang teralihkan maupun komponen yang tergeser karena magnet tersebut. Jauhkan saja flashdisk dari perangkat elektronik yang mengeluarkan sinyal atau magnet contohnya handphone.

Jangan sampai terkena virus
Jika flashdisk terkena virus bisa saja komputer yang sudah terkena colokannya juga tertular oleh flashdisk tersebut. Ada juga flashdisk yang terkena virus dan ukurannya menjadi 0 byte dan rusak total, jadi anda harus menjaga agar flashdisk anda tetap dalam pantauan anda misalnya saat dipinjam teman.

Sudah tahu kan cara agar flashdisk tetap awet, sekarang anda bisa menerapkannya di dunia nyata dengan tips-tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

iya, nanti semua flashdisk langsung hilang...

Ohh jadi gitu yaa? Yang sering aku praktekin cuma eject aja, sering kebanting tapi nggak sengaja. Ohiya mas, di imyonrosadi.blogspot.com ada postingan baru lhoo, mau mampir lagi nggak? Hehehe

UP