Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Apakah Mengubah Number Of Processors Pada MSConfig Akan Mempercepat Komputer

MSConfig adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Microsoft untuk mengubah pengaturan pada saat booting, mengatur service, dan mengatur aplikasi yang berjalan pada startup. Saya pernah melihat tutorial di internet cara untuk mempercepat PC yaitu salah satunya dengan mengatur number of processor pada msconfig menjadi maksimal. Apakah cara itu benar-benar dapat mempercepat PC, jawabannya ada di sini.

Apakah Mengubah Number Of Processors Pada MSConfig Akan Mempercepat Komputer

Jika dilihat dari sisi psikologis, pada saat melihat tutorial tentang mempercepat pc adalah mengubah settingan MSConfig dengan mengubah number of processor, orang itu pasti akan merasa komputer anda merasa lebih cepat daripada sebelumnya saat anda mengubah number of processor. Padahal jika dilihat pada sisi mekanis, cpu bekerja sama saja kecepatannya sebelum mengubah number of processor. Mengapa bisa begitu?

Number of processor sebenarnya bukan mencakup pada processornya tetapi pada core pada prosesor (logical processor) tersebut. Jika anda sebelumnya mengira jika komputer anda frekuensinya 2.0 GHz jika diatur pada msconfig number of processorsnya menjadi 4 maka 2 x 4 = 8 GHz, perkiraan itu adalah salah besar. Core pada prosesor berfungsi untuk mempercepat prosesor, jika anda melihat pada generasi ke 3 intel banyak yang menggunakan dual core (corenya 2), dan quad core (core 4) itu berfungsi untuk mempercepat kinerja cpu.

Sebenarnya pengaturan default pada number of processor itu centangnya dihilangkan, karena pengaturan default windows pada saat centang dihilangkan, corenya akan bekerja semua. Jadi tidak akan berpengaruh jika anda memilih number of processor yang paling banyak, karena secara default windows telah menggunakan semuanya.

Lalu mengapa pilihan number of processors pada MSConfig disediakan oleh microsoft padahal secara default Windows telah menggunakan semua core?. Sebenarnya pilihan itu disediakan untuk debugging dan mengetahui masalah pada sistem. Jadi jika anda memilih number of processorsnya 1, maka core yang bekerja hanya satu.
Tag : Komputer, Solusi
UP