Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Perbedaan Mbps Dengan MBps

Kbps dan Mbps merupakan satuan yang digunakan dalam kecepatan transfer download. Satuan ini memang sudah banyak digunakan yang dikenal dengan Shannon (Sh). Dalam iklan yang menawarkan kecepatan transfer internetpun juga begitu yaitu menggunakan satuan Mbps. Namun sebenarnya Mbps adalah singkatan dari Megabit perseconds. Mungkinkah anda adalah salah satu korban iklan?, dan mengapa saya tanya begitu. Mari kita simak jawabannya di bawah ini.

Perbedaan Mbps Dengan MBps

Bit merupakan satuan terkecil dalam penyimpanan pada komputer. Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner seperti dalam kode binary yang hanya berjumlah dua angka yaitu 1 dan 0. Bit juga ada singkatannya lagi yaitu binary digit. Bit juga digunakan sebagai pemisah arsitektur cpu komputer 32 bit dan 64 bit yang akan kita bahas lain kali.

Untuk menjawab pertanyaan yang awal tadi, sebenarnya mengapa anda saya tanyakan anda sebagai salah satu korban iklan, karena banyak orang yang melihat iklan di televisi, poster maupun yang lainnya yang berkaitan dengan kecepatan internet itu menggunakan satuan b kecil. Seperti Mbps, namun mengapa pengiklan tersebut tidak berani mengganti huruf b tersebut menjadi besar padahal hurufnya sama saja.

Pada satuan memori penyimpanan b kecil itu merupakan bit dan B besar itu merupakan bytes. Jadi sangat berbeda jika kita tahu artinya. Tetapi mengapa saat kita mencoba kecepatan internet tersebut hasilnya sangat berbeda seperti di saat mendownload di browser maupun di IDM. Itu dikarenakan saat anda mendownload di browser atau di IDM menggunakan satuan Bytes dan tidak menggunakan satuan bit.

Jadi bit itu berapa Bytes?. Jika satuan bit dijadikan menjadi Bytes akan berubah nilainya menjadi 1/8 bytes, jadi 1 Bytes itu 8 bit. Jadi jika pengiklan tersebut menawarkan kecepatan 1 Mbps maka kecepatan download di browser adalah 125 KBps.

Tambahan. Satuan 1 Kilobytes tidak bulat 1000 bytes namun yang aslinya adalah 1024 bytes. Setiap satuan memori menggunakan kali lipat 8, jadi jika setiap ukuran file di komputer dibagi 8 maka hasilnya akan habis. Tetapi karena kebiasaan masyarakat yang ingin cepat maka dibulatkan menjadi 1000 bytes.
Tag : Komputer
UP