Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Jenis-Jenis Laptop yang Perlu Diketahui

Laptop merupakan komputer yang dibuat menjadi lebih tipis dan lebih mudah untuk dibawa-bawa. Pada jaman sekarang ini sudah banyak laptop yang dijual di pasaran dan harganya pun beragam. Laptop terdiri dari berbagai macam bentuk, spesifikasi, jenis, fungsi dan harganya. Saat membeli laptop anda harus pandai-pandai membelinya.

Kenapa?, karena laptop jaman sekarang jenis-jenisnya sudah beragam. Pastikan laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Bagi yang suka mengetik pilihlah laptop dengan spesifikasi yang sedang, dan yang sehari-harinya memakai laptop untuk kerja multitasking atau untuk ngegame dibutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk mengerjakannya.

Berikut adalah jenis-jenis laptop jaman yang mesti diketahui sebelum anda membelinya.

Ultrabook

Jenis-Jenis Laptop yang Perlu Diketahui

Jenis laptop yang satu ini adalah jenis laptop yang paling canggih daripada yang lainnya, dan memiliki beban yang ringan dan tipis sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Serta dilengkapi dengan baterai yang tahan sampai 4 - 5 jam. Tentunya notebook/laptop ini sangat cocok untuk orang yang suka berpergian dengan notebook/laptopnya.

Kecepatan read/writenya pun bekerja di atas rata-rata dari kecepatan laptop biasa. Dikarenakan menggunakan teknologi SSD (Solid State Drive) yang memungkinkan kecepatan transfer data yang cepat  dan memiliki ketahanan dari guncangan.

Kekurangan dari Ultrabook  ini adalah harganya yang mahal dan kapasitas memori yang tidak banyak, karena penggunaan SSD masih belum bisa menyimpan data yang banyak sekarang ini.

Notebook touchscreen

Notebook/laptop touchscreen ini bisa langsung mengerti perintah anda hanya dengan sentuhan jari di layar. Tidak seperti kebanyakan laptop yang menggunakan touchpad dan mouse dalam menjalankan program.

Jika anda tahu smartphone pasti anda bisa menggunakan notebook touchscreen ini, Tetapi notebook touchscreen masih menyediakan keyboard dan mouse meskipun sudah ada keyboard virtual yang akan muncul ketika kita ingin mengetik dengan cara touchscreen.

Kelebihan laptop ini adalah bisa disentuh dan dioperasikan dengan mudah hanya dengan jari kita. Kebanyakan vendor menyediakan notebook touchscreen dengan Windows 8.1 gratis dengan lisensi asli ketika kita membelinya.

Kekurangan laptop ini adalah touchsreen hanya bisa dijalankan di Windows 8 ke atas dan tidak berguna jika kita menginstall ulang laptop kita ke Windows 7 karena touchsreen sama sekali tidak akan berjalan. Laptop touchscreen juga lebih mahal dibandingkan laptop biasa.

Notebook Hybrid

Jenis-Jenis Laptop yang Perlu Diketahui

Jenis laptop ini hampir sama dengan laptop touchscreen. Namun laptop ini bisa dirubah menjadi tablet yang memungkinkan kita untuk menggunakannya hanya dengan satu tangan saja. Ada laptop hybrid yang menyatu langsung dengan keyboardnya hampir mirip dengan notebook touchscreen tetapi bisa ditekuk 360 derajat sehingga bisa dijadikan tablet.

Namun ada juga notebook hybrid yang bisa langsung dicopot layarnya. Sehingga bisa menjadi tablet yang mudah di bawa ke mana-mana. Keyboard dan touchpad juga masih disediakan.

Kelebihan laptop ini adalah bisa dijadikan tablet dan bisa digunakan hanya dengan satu tangan, dan mudah dioperasikan dengan sentuhan jari. Notebook Hybrid ini hampir mirip dengan tablet kebanyakan.

Kekurangan laptop ini adalah harganya yang relatif mahal biasanya di atas 10 juta, dan sistem operasinya yang hanya bisa berjalan di Windows 8 ke atas. Spesifikasi yang kecil processor hanya memiliki kecepatan sekitar 1.0 GHz.

Notebook High Performance

Laptop yang kategorinya high performance tentunya memiliki spesifikasi yang besar dibanding laptop yang lainnya. Laptop jenis ini biasanya digunakan untuk multitasking, 3D Design, multimedia, video editing, dan bermain game berat.

Kelebihan laptop ini adalah dilengkapi hardware dengan spesifikasi yang tinggi, biasanya menggunakan processor i7 Extreme atau i5. Memiliki memori yang besar biasanya 1 TB dan 2 TB. RAMnya pun besar bisa hingga 4 GB - 8 GB. Optical drivenya adalah bluray dan bukan CD-DVD. Kartu VGA yang memiliki spesifikasi tinggi dan bisa menjalankan game berat.

Kekurangan laptop ini adalah harganya yang relatif mahal, bahkan bisa sangat mahal. Laptop ini sangat tidak cocok bagi yang anda berkebutuhan sehari-hari hanya untuk mengetik, apalagi bagi orang yang suka berpergian laptop ini memiliki berat yang lebih daripada laptop biasanya.

Notebook Standard Performance

Notebook/laptop berjenis standard performance sangat cocok bagi anda yang berkebutuhan sehari-hari hanya untuk mengetik, browsing, menjalankan musik. Laptop jenis ini tidak bisa menjalankan game berat karena spesifikasinya yang standar.

Laptop ini cocok bagi para pelajar yang harus menggunakan software microsoft word ataupun excel karena bisa berjalan dengan baik di laptop berkategori standard performance. Laptop ini bisa menjalankan game-game standar yang tidak memiliki grafis terlalu berat.

Untuk anda yang ingin segera membeli laptop saya sarankan untuk memilih jenisnya terlebih dahulu sesuai kebutuhan anda. Jika anda salah pilih akan repot nantinya. Perlu kita ketahui laptop itu tidak sama seperti desktop yang komponennya bisa kita upgrade. Justru laptop komponennya tidak bisa diganti walaupun ada yang masih bisa diganti. Demikian tentang jenis-jenis laptop yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.
UP