Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Website Revolusi Mental yang Menelan Biaya 140 Miliar Down

Website Revolusi Mental yang online baru 2 hari, kini sudah down lagi karena beberapa penyebab. Website Gerakan Nasional Revolusi mental milik Kementrian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan kini tidak bisa diakses karena beberapa alasan, salah satunya dikarenakan oleh overload.

Website Revolusi Mental yang Menelan Biaya 140 Miliar Down

Entah mengapa website yang "katanya" menelan biaya hingga 140 miliar rupiah ini bisa down hanya gara-gara overload. Dana sebanyak itu bisa digunakan untuk membangun sebuah server dengan bandwith yang besar sehingga tidak akan terkena overload. Overload ini dikarenakan banyaknya orang yang mengakses website tersebut secara bersamaan, hal ini bisa menyebabkan server menjadi sangat sibuk dan down.

Ada juga yang mengatakan website tersebut down dikarenakan ada yang menghack situsnya. Bagaimana bisa dihack?, dana sebesar itu bisa digunakan untuk membeli proteksi kelas militer yang sangat ketat bahkan hacker professional pun tidak bisa menghacknya.

Setelah saya menyelidiki lebih lanjut, saya  menemukan beberapa screenshot tampilan website http://www.revolusimental.go.id/ yang dishare oleh para netizen.

Website Revolusi Mental yang Menelan Biaya 140 Miliar Down

Dari screenshot di atas, kita dapat mengetahui bahwa tampilan website tersebut sangat sederhana dan bisa dibilang tidak terlalu mahal, ada juga screenshot whois yang menjelaskan website tersebut dihosting oleh idwebhost yang juga tidak terlalu menelan biaya terlalu banyak.

Kemudian saya mencoba untuk mengambil identitas website setelah down dengan whois, sepertinya website tersebut sudah berpindah hosting dari idwebhost menuju Cloudflare. Hosting CloudFlare memang saya akui lebih aman dan lebih terjamin kualitasnya dan juga memerlukan biaya yang lumayan besar.

Website Revolusi Mental yang Menelan Biaya 140 Miliar Down

Website ini menjadi sangat populer karena banyak orang yang mengatakan bahwa website tersebut menelan biaya hingga 140 miliar. Ternyata hal tersebut salah, setelah saya lihat di detik.com ternyata biaya pembangunan website tersebut tidak lebih dari 20 juta rupiah, lalu kemana biaya yang lainnya?, biaya yang lainnya digunakan untuk kegiatan sosial.
Tag : Internet

barusan kewebsitenya, kok simple gitu ya . masa iya sampe 140 m, apa lagi sampe down gitu, bisa buat server sendiri padahal pake duit segitu @_@

barusan aku juga mampir kesana, tampilannya sangat simple, nggak ada yg kelihatan wah gitu..

wah gede banget 140 M, emang selalu di lebih2kan deh kayanya,

hehehe... ada-ada saja ya pemerintah bikin website,, dana lebihnya kemana ya? :)

dana lebihnya untuk kegiatan sosial gan..

UP