Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Apa Itu WPS (Wi-Fi Protected Setup)

WPS (Wi-Fi Protected Setup) biasanya bisa kita lihat pada pengaturan wifi yang ada di smartphone atau komputer. Saat kita memilih setup WPS, smartphone/komputer akan melakukan loading yang lumayan lama dan kita akan diberi petunjuk untuk menekan tombol WPS yang ada pada router Wi-Fi, sebenarnya apa sih yang disebut dengan WPS?.

Apa Itu WPS (Wi-Fi Protected Setup)

Seperti yang kita tahu bahwa sinyal Wi-Fi bisa menjangkau jarak hingga 20 meter di dalam ruangan dan lebih jauh jika di luar ruangan, jangkauan hotspot Wi-Fi juga sangat berpengaruh dengan adanya tembok atau benda-benda yang menghalangi sinyal. Sistem keamanan Wi-Fi juga memiliki beberaoa jenis.

Apa itu WPS?

WPS (Wi-Fi Protected Setup) sebelumnya disebut dengan Wi-Fi Simple Config merupakan keamanan yang dibuat untuk membuat koneksi antara router dengan perangkat lebih cepat, mudah, dan aman. WPS ini hanya bekerja untuk perangkat yang mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2. WPS tidak bekerja untuk perangkat yang hanya mendukung keamanan WEP.

Apa Itu WPS (Wi-Fi Protected Setup)

Pada wifi biasa, kita tidak bisa menghubungkan perangkat kita ke jaringan wifi jika kita tidak tahu nama jaringannya (SSID) dan passwordnya, untuk menghubungkannya ke wifi kita harus memilih jaringan wifi, kemudian memasukkan password dan terhubung ke wifi. Di sini WPS mengubah sistem tersebut dan menjadikannya lebih mudah, yaitu dengan menekan tombol WPS pada router kemudian pada laptop/smartphone tinggal mencari sinyalnya, jika sudah kita akan terhubung dengan sendirinya ke jaringan WPS tanpa memasukkan password apapun.

Siapa yang menciptakan WPS?

WPS diciptakan oleh Aliansi Wi-Fi (Wi-Fi Alliance). Wi-Fi Alliance adalah organisasi global yang mengembangkan dan mempromosikan teknologi Wi-Fi dan setifikasi produk Wi-Fi. Wi-Fi Alliance memiliki lebih dari 600 anggota dan didalamnya termasuk perusahaan populer seperti Apple, Microsoft, Samsung, Nokia, dan yang lainnya.

Apa Itu WPS (Wi-Fi Protected Setup)
WPS diperkenalkan oleh Wi-Fi Alliance pada awal tahun 2007 dengan tujuan mempermudah pengguna Wi-Fi rumahan agar tidak repot-repot dalam memasukkan password yang rumit dan mempercepat menghubungkan perangkat baru ke jaringan Wi-Fi.

Sistem operasi yang support WPS

Saat pertama kali WPS diperkenalkan, banyak perusahaan yang bersaing dalam membuat router yang bisa membuat jaringan WPS. Hampir semua router di jaman sekarang ini sudah bisa membuat koneksi WPS. Pada kebanyakan router, WPS sudah diaktifkan secara default.

Sama seperti router, perusahaan pembuat OS pun ikut membuat OS yang support terhadap WPS. Pada saat itu Windows sudah mendukung keberadaan WPS khususnya pada Windows Vista ke atas (7, 8, 8.1, dan 10). Bukan hanya Windows, Android pun juga mendukung WPS, berikut adalah OS yang support WPS.
  • Windows sudah support WPS sejak tahun 2007 dan pada versi Windows Vista dan versi di atasnya seperti, Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10.
  • Android mulai support terhadap WPS pada akhir tahun 2011, pada waktu itu versi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) diluncurkan, dan versi berikutnya sudah support WPS.
  • Blackberry mulai mendukung WPS pada akhir 2010, yaitu pada saat Blackberry 6 diluncurkan, dan semua versi berikutnya sudah support WPS.
Perlu diketahui juga, meskipun WPS dibilang-bilang aman ternyata hacker masih bisa membobolnya dengan cara brute force dalam waktu 4 - 10 jam. Sementara itu WPS juga lebih aman dibandingkan sistem keamanan Wi-Fi lainnya terutama WEP.
Tag : Komputer
UP