Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Windows merupakan OS yang dibuat oleh Microsoft dan sudah digunakan oleh para pengguna komputer hampir di setiap negara termasuk Indonesia. Hampir seluruh komputer di Indonesia menggunakan sistem operasi buatan Microsoft ini, karena tampilannya yang sangat user-friendly dan masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan Windows.

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Karena saking banyaknya pengguna Windows di dunia, semakin banyak juga orang yang berusaha mencari celah keamanan Windows dan membuat software yang berguna untuk mengaktivasi Windows tanpa membeli serial number yang asli ke Microsoft, dan banyak orang yang menyebut itu sebagai Windows bajakan. Sebenarnya apa sih itu Windows bajakan?.

Pengertian Windows bajakan

Banyak orang yang salah kaprah tentang pengertian Windows bajakan, mereka mengira yang bajakan itu Windowsnya. Sebenarnya yang bajakan itu bukan Windowsnya, tetapi serial number atau nomor untuk aktivasi Windowsnya yang bajakan. Pada umumnya secara legal, jika orang ingin menggunakan Windows di komputernya maka mereka harus membeli serial Windows tersebut dengan harga yang sudah ditentukan ke Microsoft.

Serial yang bersifat original ini juga tidak boleh dipakai di komputer lain, karena jika hal tersebut terjadi maka Microsoft akan mendeteksi adanya serial number yang dipakai lebih dari 1 komputer dan serial tersebut akan dimasukan ke blacklist oleh Microsoft, secara otomatis semua komputer yang menggunakan serial tersebut untuk mengaktivasi Windowsnya akan dianggap sebagai Windows bajakan.

Microsoft pun sudah memperingatkan pengguna serial bajakan untuk membeli serial yang asli dari Microsoft, tetapi banyak pengguna serial bajakan yang menganggap peringatan tersebut hanyalah hal sepele, berikut ini adalah akibat dari memakai Windows bajakan.

Windows Update malah akan membahayakan anda

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Windows Update merupakan fitur Windows yang dapat mengupdate Windows agar lebih optimal, updatean ini juga hanya ditujukan hanya kepada pengguna Windows asli dan bukan bajakan. Bagi pengguna Windows bajakan, Windows update malah akan membuat Windowsnya semakin memunculkan peringatan untuk membeli serial asli dari Microsoft, Windows update juga akan mengunduh data untuk mendeteksi duplikasi serial dan serial Windows bajakan.

Fitur Windows tidak bekerja optimal

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Windows memiliki banyak fitur, terutama Windows 8 dan versi di atasnya. Salah satu fitur yang ada di Windows 8 adalah kemudahan mendownload aplikasi melalui Store, tetapi bagi para pengguna Windows bajakan fitur Store ini terkadang tidak bisa dibuka. Ada lagi fitur yang dinamai Sync everywhere, dengan fitur ini kita bisa mensinkronisasi data-data kita ke internet dan mengupload file ke internet dengan storage yang lumayan besar, fitur ini lagi-lagi tidak dapat bekerja pada Windows bajakan dan masih banyak fitur lain yang tidak dapat bekerja di Windows bajakan seperti dreamscene.

Windows akan terus memaksa dengan berbagai cara untuk membeli Windows yang asli

Windows tentunya akan selalu memperingatkan para pengguna Windows bajakan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan cara memunculkan notifikasi Activate your Windows atau muncul tulisan This copy of Windows is not genuine. Bersyukurlah karena anda sekarang memakai versi Windows 7 atau di atasnya. Bagi para pengguna Windows XP dan Vista bajakan mereka justru mendapatkan hukuman yang lebih sadis daripada di atasnya seperti yang di bawah ini.

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Jika komputer anda menggunakan Windows XP dan ketahuan oleh Microsoft bahwa serial number Windows tersebut adalah bajakan, biasanya Windows akan menampilkan peringatan This copy of Windows is not genuine. Ini dikarenakan Windows XP memiliki fitur Windows Genuine Advantage, fitur tersebut berguna untuk memeriksa apakah Windows tersebut bajakan atau tidak, dan fitur ini biasanya dijalankan pada saat proses Windows Update. Saat peringatan tersebut sudah muncul, user akan terkunci dan tidak bisa melakukan apa-apa, mereka hanya disediakan pilihan untuk membeli Windows yang asli.

Sedangkan pada Windows Vista, hukuman tersebut dikurangi dan diganti dengan reduced functionality mode, pada mode tersebut kita hanya dibolehkan menggunakan Windows selama satu jam saja. Itu pun masih untung, karena saat Service Pack 1 belum ada, mode tersebut hanya mengizinkan user untuk menggunakan Internet Explorer selama 1 jam.

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Pada Windows 7 dan Windows 8, hukuman tersebut malah dikurangi lagi. Windows 7 akan terus menampilkan peringatan Windows is not genuine selama satu jam sekali, dan dipojok kanan bawah desktop akan muncul tulisan This copy of Windows is not genuine. Selain itu, jika kita mengganti wallpaper, wallpaper akan kembali menjadi seperti semula atau menjadi warna hitam. Sedangkan pada Windows 8 kita tidak bisa menggunakan fitur Personalize yang berguna untuk mengganti tampilan wallpaper, start screen atau yang lainnya.

Keamanan komputer menjadi kurang

Akibat Dari Memakai Windows Bajakan

Seperti yang kita ketahui bahwa Windows update bertugas untuk membuat Windows menjadi lebih opimal, Windows update ini juga sangat berperan dalam memperbarui keamanan Windows agar menjadi lebih aman dari bug, virus, dan serangan hacker. Pada Windows bajakan, mereka tidak dapat mengupdate komputernya melalui Windows update, sehingga keamanan Windows pun menjadi kurang dan sangat mudah terserang oleh virus komputer.

Terjadi beberapa kejanggalan pada Windows bajakan

Windows bajakan juga memiliki beberapa kejanggalan yang tidak dimiliki oleh Windows asli seperti, layar terkadang menjadi berwarna hitam, semua shortcut pada desktop menjadi hilang, start menu tidak bisa dibuka, error pada saat membuka aplikasi, dan masih banyak kejanggalan lainnya. Biasanya ini disebabkan oleh installer Windows yang tidak asli dan sudah diedit oleh orang lain.

Jadi saya sarankan untuk membeli Windows yang asli saja, walaupun harganya lumayan mahal tetapi kita mendapatkan layanan yang setara dengan harga tersebut seperti Windows update, update dari manufacturer, dan masih banyak lagi.
Tag : Komputer
UP