Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Solusi Untuk An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled

Lagi-lagi kali ini saya akan membahas tentang masalah yang berkaitan dengan jaringan, khususnya tentang munculnya pesan An error occurred while internet connection was being enabled. Pesan tersebut biasanya muncul pada saat kita sedang menyalakan Internet Connection Sharing (fitur yang berguna untuk membagi koneksi internet ke jaringan lain).

Solusi Untuk An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

Pesan tersebut muncul di laptop teman saya dan beberapa pengunjung blog ini pada saat menyalakan internet connection sharing. Setelah mencari beberapa informasi di internet, ternyata juga banyak orang yang mengalami masalah yang sama dan kebanyakan orang melihat pesan tersebut karena service yang berkaitan dengan ICS dimatikan dan firewall yang sedang mati.

Jadi solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyalakan kembali service-service yang berkaitan dengan ICS dan menyalakan kembali firewall. Ikuti cara-cara berikut ini.

Memastikan service yang berkaitan dengan ICS sudah menyala

Agar bisa menggunakan internet connection sharing dengan baik (tanpa error), kita harus memastikan service yang berkaitan dengan internet connection sharing sudah menyala. Jika service yang berkaitan dengan ICS malah mati, kita harus menyalakannya kembali.

1. Buka run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik msconfig dan klik OK/Enter.
Solusi Untuk An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

2. Pindah ke tab Service, dan pastikan nama-nama service di bawah ini sudah tercentang.
Application Layer Gateway Service
Network Connections
Network Location Awareness (NLA)
Plug and Play
Remote Access Auto Connection Manager
Remote Access Connection Manager
Remote Procedure Call (RPC)
Telephony

Solusi Untuk An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

3. Jika sudah tercentang, klik OK dan restart komputer anda.

Setelah komputer menyala, anda bisa langsung mencoba menyalakan internet connection sharing. Jika masih tidak bisa, anda boleh mencoba solusi yang berikut ini.

Membuat Windows Firewall menjadi automatic start

Sebenarnya Firewall sudah diatur ke automatic start sejak pertama install Windows, namun bisa saja pilihan automatic start tersebut terganti secara tidak sengaja oleh software yang terpasang di komputer anda. Anda harus memastikan bahwa firewall sudah berjalan di komputer anda karena ICS memerlukan firewall agar bisa berjalan dengan normal.

1. Buka run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik services.msc dan klik OK/Enter.
Solusi Untuk An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

2. Kemudian cari services yang bernama Windows Firewall. Jika sudah ketemu, klik kanan pada services tersebut dan pilih Properties.
Solusi Untuk An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

3. Ubah pada Startup type menjadi Automatic, dan klik OK.
Cara mengatasi An Error Occurred While Internet Connection Sharing Was Being Enabled (null)

Kemudian coba lagi untuk menyalakan internet connection sharing. Walaupun solusi kedua ini pendek, tetapi malah solusi inilah yang banyak membantu orang dalam menyelesaikan masalah An error occured while internet connection was being enabled.

Jika solusi di atas masih belum berhasil, anda masih bisa mencoba solusi lainnya, seperti menggunakan system restore terutama untuk yang sebelumnya bisa menyalakan ICS tetapi sekarang malah tidak bisa, atau bisa menanyakan ke saya langsung dengan kotak komentar di bawah artikel ini.
Tag : Komputer, Solusi
UP