Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Cara Membuka Website yang Diblokir

Website merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada nama domain yang sama (misalnya Google.com) dan memiliki isi kumpulan informasi yang ditulis oleh adminnya. Agar website bisa diakses, setidaknya website tersebut memiliki sebuah server yang dapat diakses melalui internet ataupun LAN melalui alamat URL.

Cara Membuka Website yang Diblokir

Di internet sendiri, sudah banyak sekali website yang dibuat atau kisaran 600 juta website ke atas. Website tersebut termasuk seperti website yang pernah kita akses sehari-hari seperti Facebook, Twitter, dan juga website yang ada di hasil pencarian Google.

Dari seluruh website di internet, ada beberapa website yang mengandung konten terlarang seperti pornografi, penjualan senjata, narkoba, dan lain-lain, karena itu pemerintah Indonesia menyuruh ISP yang ada di Indonesia untuk memblokir website-website yang mengandung konten terlarang tersebut, salah satu contoh pemblokiran adalah dengan mengalihkan website terlarang ke halaman khusus salah satunya Internet Positif.

Namun ternyata pengalihan ke halaman Internet Positif tersebut masih bisa dibobol sehingga kita bisa mengakses website aslinya. Berikut adalah beberapa cara untuk membuka website yang diblokir.

Dengan menggunakan proxy server

Proxy server berguna sebagai perantara antara server website dengan komputer kita. Jadi proxy server akan mendownload data dari server website dan kita akan mendownload data yang sudah didownload oleh proxy server. Dengan cara ini Internet Positif tidak akan mendeteksi kita membuka website tersebut melainkan hanya melihat kita mendownload data dari proxy server.

Cara Membuka Website yang Diblokir

Ada banyak sekali proxy server yang bisa dipakai di internet. Saya rekomendasikan untuk mencari alamat IP proxy sekaligus portnya di http://proxylist.hidemyass.com/, karena proxy di website tersebut selalu diupdate tiap detiknya.

Dengan menggunakan Google Translate

Google translate merupakan produk yang dirilis oleh Google dan bertujuan untuk menerjemahkan kata-kata ataupun website ke bahasa lain. Ternyata Google translate juga bisa membuka website yang diblokir, ini disebabkan karena Google translate berfungsi sebagai perantara server website dengan komputer kita, dan prinsipnya mirip dengan menggunakan proxy server.

Cara Membuka Website yang Diblokir

Caranya sangat mudah, yaitu buka https://translate.google.com, kemudian masukan URL yang ingin dibuka di kotak translate, lalu akan muncul link URL tersebut pada hasil translate, klik pada link tersebut.

Menggunakan anonymous browsing

Lagi-lagi prinsipnya sama dengan proxy, yaitu dengan menggunakan sebuah server sebagai perantara antara server website dengan komputer kita. Namun cara kali ini lebih mudah dan lebih ampuh daripada cara-cara di atas, karena cara ini memang sudah dikhususkan untuk membuka website tanpa terdeteksi dan menghilangkan pemblokiran website.

Cara Membuka Website yang Diblokir

Anda hanya perlu menuju ke website penyedia layanan anonymous browsing, salah satunya yaitu HideMyAss. Buka link https://www.hidemyass.com/id/proksi, kemudian masukkan URL yang ingin dibuka, lalu klik HIDE MY ASS, dan website tersebut akan terbuka tanpa halangan.

Selain menggunakan HideMyAss, Anda juga bisa menggunakan website-website di bawah ini untuk anonymous browsing.

http://anonymouse.org/anonwww.html
http://www.guardster.com/free
http://www.spysurfing.com


Menggunakan ekstensi browser

Cara Membuka Website yang Diblokir

Daripada cara-cara di atas, cara ini lebih simpel karena tidak membutuhkan bantuan website apapun, melainkan menggunakan bantuan ekstensi yang ada pada browser tersebut. Ekstensi tersebut bisa kita download di website pembuat browser/ekstensi atau pada menu ekstensi yang ada pada browser. Tetapi jika browsernya berbeda maka ekstensinya berbeda pula, berikut adalah beberapa ekstensi yang bisa dipakai untuk membuka website yang diblokir.
  • Untuk Google Chrome, bisa menggunakan ekstensi Data Saver atau AnonymoX.
  • Untuk Mozilla Firefox, bisa menggunakan ekstensi AnonymoX.
  • Untuk Opera, bisa langsung mengaktifkan fitur Opera Turbo pada menu.
Menggunakan software bantuan

Cara ini lebih ampuh lagi, karena bukan hanya browser yang akan terkena dampaknya, semua aplikasi di komputer akan mengikuti proxynya termasuk IDM dan lain-lain. Salah satu software yang bisa kita gunakan adalah Hotspot Shield, cara kerja aplikasi ini sama seperti proxy server, lebih tepatnya Hotspot Shield akan mengalihkan jaringan komputer anda melewati sebuah VPN (Virtual Private Network).

Cara Membuka Website yang Diblokir

Aplikasi Hotspot Shield bisa didownload secara gratis di website resminya yaitu https://www.hotspotshield.com/download/.

Sekarang Anda sudah bisa membuka situs yang diblokir, mohon gunakan cara ini secara bijak, misalnya membuka situs bermanfaat yang tidak sengaja diblokir oleh ISP. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk membuka website yang diblokir, seperti mengganti DNS, menggunakan shortener URL, dan masih banyak lagi, tetapi hanya ini yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat.
UP