Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Internet memiliki banyak sekali file, semua file tersebut tersimpan pada servernya masing-masing. Jika kita mengcopy file tersebut ke komputer kita, proses itu disebut dengan download, sedangkan jika kita mengirim file dari komputer ke server, proses itu disebut dengan upload. Sebelum file-file tersebut ada di internet, pasti ada orang yang menguploadnya terlebih dahulu.

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Diantara file-file yang diupload oleh orang tersebut, pastinya ada beberapa file yang ingin kita download, misalnya film, musik, game, dokumen, dan lain-lain. Ukuran filenya pun bermacam-macam mulai dari kecil sampai besar, semakin kecil ukurannya, semakin cepat kita mendownload file tersebut.

Pernahkan Anda?, sudah menunggu komputer mendownload sangat lama, pada saat dibuka ternyata file tersebut corrupt, sangat mengesalkan bukan?. File yang corrupt (tidak lengkap) biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, bahkan hal sepele pun bisa membuat file menjadi corrupt, misal menggoyang-goyangkan laptop pada saat sedang mendownload.

Untuk mencegah file tersebut corrupt, saya punya beberapa tipsnya, berikut adalah tips untuk mencegah agar download tidak corrupt.

Matikan antivirus sebelum mendownload

Antivirus adalah program yang berfungsi untuk mencegah dan membasmi virus komputer. Cara kerja antivirus adalah dengan mencocokan file dengan database yang dimiliki oleh antiviurs, jika cocok maka antivirus akan menghapus file tersebut.

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Pada beberapa kejadian, antivirus sering memblokir file yang sedang didownload, sehingga ada beberapa file yang hilang dan hal inilah yang sering mengakibatkan file yang didownload tersebut menjadi corrupt. Bahkan ada beberapa antivirus yang dibayar oleh suatu perusahaan untuk memblokir softwarenya yang sudah dicrack oleh orang lain. Jadi matikan antivirus Anda terlebih dahulu daripada menyesal nantinya.

Gunakan download manager

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Gunakanlah download manager pada saat mendownload suatu file seperti Internet Download Manager, atau yang lainnya. Download manager ini berfungsi untuk membantu Anda pada saat mendownload suatu file, dan juga bisa melakukan resume dan pause download sehingga kegiatan download bisa dikelola dengan mudah.

Turunkan batas koneksi pada download manager

Semakin banyak koneksi yang diatur pada download manager, maka kecepatannya pun semakin tinggi. Tetapi koneksi yang terlalu banyak bisa mengakibatkan file tersebut corrupt karena sistem terlalu banyak memakai resource dan download dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Apalagi jika Anda sering melakukan resume dan pause download maka hal ini menjadi wajib bagi Anda.

Bagi Anda yang tidak tahu cara menurunkan batas koneksi pada download manager khususnya IDM, berikut adalah caranya.

1.  Buka IDM, lalu klik pada Options.

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

2. Pilih tab Connection, kemudian atur Max connections number terserah Anda, semakin kecil maka semakin baik. Jika sudah, klik pada OK.
Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Jangan nekat download file besar di koneksi internet lambat

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Jika ingin mendownload file besar atau lebih dari 1GB saya sarankan untuk tidak mendownloadnya di koneksi internet yang lambat, ini dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan file tersebut menjadi corrupt dan tidak bsia dibuka. Saya pun pernah bahkan sering mengalami hal ini, mendownload file 300MB di Wi-Fi sekolah dengan kecepatan hanya 50KB/s, pada saat dibuka ternyata file corrupt. Downloadlah file besar di tempat dengan kecepatan internet tinggi, misal di wifi id Telkom, sehingga file tidak akan corrupt dan download lebih cepat selesai.

Minimalkan pause-resume download

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Jika Anda menggunakan download manager, biasanya akan ada fitur yang bisa pause dan resume download, kalau bisa jangan gunakan fitur itu sampai file yang didownload selesai. Ini dikarenakan jika kita mempause lalu meresume, download manager akan meminta bagian yang belum selesai ke server, dan akan mendownload bagian yang diperintahkan oleh server tersebut, kalau yang diperintahkan oleh server itu benar maka file tidak corrupt, tetapi sering juga perintahnya salah sehingga mengakibatkan file tersebut menjadi corrupt.

Pilih partial link untuk mendownload file

Tips Mencegah Agar Download Tidak Corrupt

Beberapa website biasanya menyediakan dua pilihan untuk mendownload file yang ada di website tersebut, yaitu dengan menggunakan single link (filenya utuh) dan partial link (filenya terpisah-pisah sehingga harus digabungkan terlebih dahulu). Saya rekomendasikan untuk mendownload file tersebut melalui partial link, Mengapa?, karena jika kita mendownload melalui partial link otomatis dapat meminimalkan pause-resume download, dan jika satu part corrupt maka tinggal mendownload part tersebut saja, tidak seperti single link jika file tersebut corrupt maka kita harus mendownload semuanya sekaligus.

Jadi jika ingin mendownload suatu file, ikutilah tips-tips di atas ini, agar nantinya file yang didownload tidak menjadi corrupt. Semoga bermanfaat.
UP