Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

Ketika Anda ingin menghapus file secara permanen, biasanya Anda akan mendelete file lalu mengkosongkan recycle bin, padahal cara itu belum menghapus file secara permanen, kita masih bisa mengembalikan file tersebut dengan software. Untuk menghapus file secara permanen dari harddisk diperlukan beberapa metode khusus seperti  DoD 5220.22-M, AFSSI-5020, dll, biasanya metode tersebut ada pada software file shredder.

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

File shredder adalah software untuk menghancurkan file secara permanen agar tidak bisa dipulihkan kembali. Dengan file shredder Anda dapat menghapus file dari harddisk tanpa rasa takut file-file tersebut bisa dipulihkan.

Apa perbedaan file shredder dengan empty recycle bin?

Pada saat kita meng-empty recycle bin maka file yang ada di dalam recycle bin tersebut akan hilang dan akan disimpan pada piringan harddisk selama cluster/sektor tersebut belum ditempati oleh file lain, sehingga software recovery dapat dengan mudahnya mengembalikan file tersebut.

Sedangkan pada saat kita menggunakan file shredder, file akan dihancurkan sehingga akan sulit untuk dikenali, lalu cluster/sektor yang menyimpan file tersebut akan ditulis ulang. Ini akan membuat file tersebut lebih sulit bahkan tidak mungkin untuk direcovery.

Software-software file shredder

Sayangnya Windows tidak menyediakan tools untuk melakukan file shred, sehingga kita harus menggunakan software file shredder dari pihak ketiga. Berikut adalah software-software file shredder yang bisa Anda coba.

Eraser

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

Eraser merupakan program kecil yang dapat menghapus file, folder, ruang disk yang tidak terpakai, atau bahkan seluruh drive secara permanen. Agar dapat menggunakannya, Anda harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu. Setelah selesai, maka akan muncul menu Erase pada saat kita mengklik kanan suatu file. Software ini menyediakan 13 metode penghapusan yang dapat kita gunakan. Anda dapat mendownload software Eraser pada website resminya yaitu http://eraser.heidi.ie/.

Alternate File Shredder

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

Alternate File Shredder merupakan program kecil yang dibuat oleh Alternate-Tools, kegunaannya pun sama yaitu menghapus file secara permanen. User interfacenya simpel dan mudah untuk dimengerti. Sayangnya Alternate File Shredder hanya menyediakan satu metode penghapusan yaitu random data writing. Anda dapat mendownload software ini di website resminya yaitu http://www.alternate-tools.com/pages/c_fileshredder.php.

Moo0 File Shredder

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

Software ini memiliki tampilan yang sangat simpel, pada saat aplikasi dibuka, yang harus Anda lakukan untuk menggunakannya adalah mendrag file yang ingin dihapus lalu drop di window Moo0 File Shredder. Sayangnya Moo0 File Shredder tidak menyediakan menu pada saat kita mengklik kanan, jadi agak ribet. Moo0 menyediakan 4 metode penghapusan. Anda dapat mendownload aplikasi ini di website resminya yaitu http://www.moo0.com/.

Freeraser

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

Aplikasi satu ini memiliki tampilan yang agak unik dan sangat minimalis, aplikasi ini hanya berbentuk seperti recycle bin. Tetapi jika Anda mengklik kanan pada ikon aplikasinya, maka akan muncul pilihan lebih lanjut, seperti memilih file yang ingin dihapus.Anda dapat mendownload software ini di website resminya yaitu http://www.freeraser.com/.

File Shredder

Menghapus File Secara Permanen Dengan File Shredder

File Shredder merupakan program yang bisa Anda coba untuk menghapus file secara permanen. Tampilannya agak kompleks jika dibandingkan dengan aplikasi yang dibahas sebelumnya. Namun aplikasi ini tetap mudah untuk digunakan. File Shredder juga menambahkan pilihan menghapus pada saat kita mengklik kanan pada suatu file atau folder. Anda bisa mendownload aplikasi ini di website resminya yaitu http://www.fileshredder.org/.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi yang tersebar di internet, namun software di atas adalah software yang paling sering dipakai terutama Eraser. Dengan File Shredder Anda bisa menghapus file secara permanen tanpa rasa takut file tersebut bisa direcovery, sehingga privasi dapat dijaga tentunya. Semoga bermanfaat.
UP