Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd

WiFi sudah banyak dikenal pada masa kini, dan keberadaan WiFi sangat dicari-cari karena bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Jaringan WiFi hampir sama dengan menggunakan kabel LAN pada kantor, tetapi WiFi mengubah kabel itu menjadi sinyal radio yang dapat menghantarkan data dengan cepat.

Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd

Hotspot WiFi setidaknya dapat memancarkan sinyal kurang lebih sekitar 20-100 meter. Pemancar WiFi tersebut menggunakan alat yang dapat memancarkan sinyal WiFi. Ternyata pemancar itu ada di dalam laptop ataupun komputer yang memiliki penerima WiFi, penerima WiFi itu dapat bekerja sebaliknya yaitu memancarkan sinyal wifi atau yang biasa yang disebut dengan hotspot WiFi.

Ada banyak cara untuk menghidupkan hotspot Wifi di komputer ataupun di laptop kita, dengan menggunakan software maupun tidak. Di sini saya akan memberitahukan cara yaitu membuat komputer/laptop menjadi hotspot wifi dengan cmd. Yang terpenting anda harus memiliki komputer dengan OS Windows 7 atau lebih tinggi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik kanan pada Start, lalu pilih Command Prompt (Admin).
Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


2. Lalu ketikkan tulisan di bawah ini pada cmd, lalu enter.
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=password8huruf
  • Anda bisa mengganti tulisan yang berwarna biru dengan nama hotspot yang anda sukai, dan yang berwarna kuning dengan password hotspot (harus berjumlah 8 karakter).

3. Lalu untuk menghidupkan hotspot anda harus mengetikkan kalimat di bawah ini pada cmd.
netsh wlan start hostednetwork
  •  INFORMASI: Untuk mematikan hotspot anda harus mengetik kalimat ini netsh wlan stop hostednetwork
Biasanya setelah dinyalakan hotspot wifinya untuk pertama kali akan muncul no network access, agar menjadi internet access anda harus mengikuti cara di bawah ini.

Agar hotspot wifi mendapatkan koneksi internet

Hotspot wifi tidak ada artinya jika tidak ada sambungannya ke internet. Anda bisa menggunakan modem gsm/cdma/4g, speedy, ataupun yang lainnya yang penting memiliki koneksi ke internet.

1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada ikon network (seperti pada gambar).
Cara Membuat laptop Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


2. Lalu klik pada koneksi yang memiliki sambungan ke internet.
Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


3. Klik Properties.
Cara Membuat Komputer/laptop Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


4. Lalu pindah ke tab Sharing, dan centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.
Cara Membuat laptop Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan. Ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada handphone android jaman sekarang. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa membeli router lagi. Bagi yang ingin bertanya silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Sekian post tentang cara membuat komputer menjadi hotspot wifi dengan cmd. Semoga bermanfaat.

Sekarang tutorial untuk membuat hotspot lewat cmd bisa anda lihat di YouTube, tonton videonya di bawah ini.


Update 24 Juni 2015

Karena banyak yang mengalami masalah The Hosted Network Couldn’t Be Started, jadi saya membuat tutorial untuk mengatasi masalah tersebut, segera cek di:

http://rh-comp.blogspot.com/2015/06/solusi-untuk-hosted-network-couldnt-be.html

Update 20 Agustus 2015

Bagi yang mengalami masalah "Internet Connection Sharing has been disabled by the Network Administrator" pada saat menshare koneksi internet ke hotspot Wi-Fi, saya telah membuat artikel untuk menangani masalah tersebut, segera cek di:

http://rh-comp.blogspot.com/2015/08/solusi-untuk-internet-connection.html

Update 28 Oktober 2015

Bagi yang mengalami masalah "An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled (null)" pada saat mengaktifkan Internet Connection Sharing (langkah ke-4, Agar hotspot wifi mendapatkan koneksi internet), saya telah membuat artikel untuk mengatasi masalah tersebut, cek di:

http://rh-comp.blogspot.com/2015/10/solusi-untuk-error-occurred-while.html

Update 17 November 2015

Bagi yang kesulitan dalam menyalakan hotspot wifi, anda bisa melihat list aplikasi yang berguna untuk menyalakan hotspot wifi, cek di:

Tag : Tutorial
«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 201 dari 201   Lebih baru›   Terbaru»

Saya juga belum tahu pasti tentang penyebab masalah ini. Coba tuliskan pada cmd (admin) seperti ini netsh int ip reset kemudian ENTER

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 201 dari 201   Lebih baru›   Terbaru»
UP