Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Cara Mempercepat Shutdown di Windows

Cara Mempercepat Shutdown di Windows
Shutdown merupakan proses mematikan komputer yang sering dilakukan oleh banyak orang saat sudah selesai menggunakan komputernya. Dalam proses shutdown semua aplikasi akan dihentikan terlebih dahulu dan ram akan dikosongkan, setelah itu daya akan dimatikan. Lamanya proses shutdown beragam, ada yang cepat, bahkan ada yang sangat lambat. Terkadang lambatnya seperti proses booting pada komputer. Apalagi jika anda sedang terburu-buru pasti sangat berbahaya.

Pada tutorial kali ini kita akan mempercepat proses shutdown tersebut pada Windows. Untuk melakukannya anda tidak memerlukan download, hanya dengan regedit.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan tombol Windows + R, Lalu ketikkan regedit dan Enter.
Cara Mempercepat Shutdown di Windows


2. Pada panel sebelah kiri registry, cari key HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control, pada panel kanan cari value WaitToKillServiceTimeout, lalu klik dua kali pada value tersebut.
Cara Mempercepat Shutdown di Windows


3. Kemudian, ubah nilai value menjadi 600 (6 detik), Lalu klik OK.
Cara Mempercepat Shutdown di Windows


Jangan merubah value kurang dari 500, karena sistem juga memerlukan waktu untuk mematikan beberapa proses service. Lalu coba shutdown dan apakah prosesnya lebih cepat daripada sebelumnya. Demikian cara untuk mempercepat shutdown di Windows ini.
Tag : Tutorial
UP