Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Media Penyebaran Virus Komputer

Virus pada umumnya tidak langsung berada pada komputer, tetapi virus menyebar dari komputer satu dengan komputer lainnya menggunakan suatu media. Jika komputer kita terpasang media yang ada virusnya, maka kemungkinan besar virus tersebut akan masuk dan menginfeksi komputer anda. Saat flashdisk dicolokan ke komputer yang sudah terinfeksi virus, maka flashdisk tersebut akan terkena virus dari komputer yang terinfeksi.

Media Penyebaran Virus Komputer

Sebenarnya bukan hanya flashdisk yang menjadi media penyebaran virus komputer tetapi masih banyak lagi. Flashdisk sering disebut sebagai media penyimpanan yang paling rawan dan sering terinfeksi virus komputer karena sering berpindah-pindah dari satu komputer ke komputer lainnya yang kemungkinan salah satu komputer yang pernah dicolokan flashdisk tersebut sudah terinfeksi virus komputer. Berikut ini adalah beberapa media penyebaran virus komputer.

Media penyimpanan

Media Penyebaran Virus Komputer

Media penyimpanan seperti flashdisk, harddisk eksternal, disket, dan sdcard merupakan media penyimpanan yang paling rentan terkena virus. Ini dikarenakan fungsinya yang berguna untuk menyimpan suatu data, tetapi bagaimana jika yang disimpan di sana hanyalah virus. Biasanya media ini terkena virus karena sudah pernah dicolokan ke komputer yang sudah terinfeksi virus atau memang ada orang iseng yang sengaja memasukkan virus komputer ke media penyimpanan tersebut. Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan antivirus komputer dan lakukan scan otomatis setiap ada flashdisk masuk ke komputer anda.

Internet

Media Penyebaran Virus Komputer

Saat ini hampir semua orang di dunia menggunakan internet sehingga menjadikan internet sebagai tempat bersarangnya virus dan script-script yang berbahaya. Virus komputer di internet rata-rata memiliki tugas untuk mengambil data pribadi anda termasuk password dan informasi pribadi anda lainnya, tetapi tenang saja karena browser biasanya sudah memblokir jika ada aktivitas tidak wajar seperti Google Chrome. Bukan hanya itu, biasanya virus komputer di internet juga bersifat menipu seperti tombol download yang berlebihan padahal itu hanyalah iklan dan virus (adware).

Jaringan LAN, WAN,  dan WiFi

Media Penyebaran Virus Komputer

Sedikit info sebelum membahas media yang kali ini, Wi-Fi sebenarnya sudah termasuk dalam jenis jaringan LAN (Local Area Network). Local Area Network berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya untuk berbagi (sharing) file dengan cepat, sehingga masing-masing komputer yang sudah terhubung pada jaringan LAN yang sama mereka bisa melihat dan mencopy file yang dishare oleh masing-masing komputer yang sudah terhubung. Mereka juga bisa memasukkan file ke komputer lain tanpa sepengetahuan penggunanya termasuk memasukkan virus.

E-mail

Media Penyebaran Virus Komputer

Semakin maju teknologi manusia, semakin banyak juga provider e-mail seperti Yahoo, Google dan masih banyak lagi. Mengapa e-mail disebut dengan salah satu media penyebaran virus?, biasanya pada e-mail ada fasilitas yang bernama file attachment (menyisipkan file), nah fasilitas itu biasanya yang digunakan untuk menyebar virus. Bagaimana cara penyebaran virusnya?, orang itu membuat e-mail dan menyisipkan virus di dalam e-mail tersebut, kemudian e-mail dikirim ke e-mail milik orang lain, jika orang yang menerima e-mail tersebut mengambil dan membuka attachment dengan isi virus yang ada di dalam e-mail itu, maka komputernya akan terkena virus dari attachment tersebut. Tetapi tenang saja, provider e-mail jaman sekarang biasanya akan memasukkan e-mail yang mencurigakan ke dalam folder spam sehingga tidak akan dibuka oleh penerimanya.
Tag : Komputer

yah memang kadang virus menyebalkan, namun dari itu semua kita juga harus pandai ya gan ntuk mengantisivasinya. karena virus itu sengaja diciptakan, kalau gak gak bakalan laku tuh ant virus kan gan?

padahal udah dapat pertamak komentar di blog ini, namun sekarang udah ganti sama pertalite...hehehee

iya gan, mungkin juga pencipta antivirus juga buat virus biar dagangannya laku hehe..

virus adalah bagian keseharian kita para netisen, tapi mau gimana lagi wong kita bergaulnya sama virus jeh.
makasih ilmunya moga jadi pahala buat adminnya deh yah

UP