Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Sebagian orang yang sudah mengupgrade berpendapat bahwa Windows 10 memiliki fitur dan layanan yang luar biasa dibandingkan versi Windows yang sebelumnya, tetapi tidak sedikit juga yang mengatakan Windows 10 masih memiliki kekurangan terutama pada akses internetnya. Sebenarnya akses internetnya baik-baik saja tetapi bagi orang yang memiliki koneksi internet minim mengatakan Windows 10 sangat menghabiskan kuota internet saya.

Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Di jaman sekarang ini hampir semua aplikasi memakai internet, Windows 10 pun tidak mau kalah memanfaatkan internet. Operating System yang satu ini sangat bergantung ke internet terutama pada cloudnya. Sebelum menuju ke persoalan utama, mari kita simak mengapa Windows 10 menghabiskan banyak kuota internet.
  • Windows 10 menggunakan teknologi Cloud yang digunakan untuk menyimpan data penggunanya menggunakan akses internet, contoh OneDrive.
  • Seperti Windows yang lainnya, Windows 10 mengupdate firmware secara otomatis menggunakan koneksi internet.
  • Teknologi update yang menggunakan koneksi P2P (Peer to Peer).
  • Hampir semua aplikasi pada Windows 10 menggunakan koneksi internet seperti Cortana dan Store.
  • Login dengan Microsoft Account dengan yang juga menggunakan koneksi internet.

Tetapi Microsoft tetap menyediakan beberapa pengaturan untuk menghemat kuota internet bagi yang memakai paket internet quota based, kita saja yang tidak menyadari tentang adanya pengaturan tersebut. Berikut adalah cara untuk menghemat kuota pada Windows 10.

Aktifkan Metered Connection

Metered connection merupakan fitur yang bisa kita gunakan pada Windows 8 ke atas. Cara kerjanya adalah menandai suatu jaringan sebagai Metered Connection dan jaringan yang sudah ditandai dengan tanda tersebut tidak akan dibuat untuk hal yang menguras kuota internet seperti Windows Update dan download dari store, kecuali jika anda mendownloadnya secara sengaja misalnya mendownload film.

Untuk mengaktifkan metered connection, klik pada ikon Wi-Fi kemudian pilih Network settings. Kemudian akan muncul window, klik pada Advanced options dan ubah Set as metered connection menjadi On.
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Matikan Cloud-based Protection dan Sample submission pada Windows Defender

Windows defender (antivirus defaultnya Windows) pun tidak mau kalah memanfaatkan koneksi internet yaitu dengan menggunakan cloud dan sample submission untuk mengoptimasi Windows defender kedepannya. Fitur ini pun dapat menguras banyak kuota karena mengupload database virus ke cloudnya Microsoft.

Untuk mematikannya, anda harus membuka Windows defender settings terlebih dahulu.
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Kemudian ubah dari On menjadi Off pada Cloud-based protection dan Sample submission.
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Matikan sinkronisasi pengaturan

Sinkronisasi pengaturan maksudnya adalah Windows akan mengupload settings seperti tema, password dan data browser yang ada pada komputer kamu ke cloudnya Microsoft, jika kamu berpindah PC dan login dengan akun Microsoft mu maka pengaturannya akan sama dengan komputer yang lama kamu gunakan. Tetapi sinkronisasi ini juga menggunakan koneksi internet.

Cara mematikannya, buka Sync your settings, lalu ubah dari On menjadi Off pada Sync settings.
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Matikan Automatic App Updates

Automatic app updates merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Windows Store yang gunanya adalah untuk mengupdate aplikasi yang sudah dipasang dari store. Fitur ini hampir sama dengan update aplikasi pada Google Play Store dan berjalan dengan otomatis tanpa sepengetahuan penggunanya. Jelas sekali fitur ini sangat menguras kuota apalagi jika ukuran aplikasinya besar.

Untuk mematikannya, buka Windows store, klik pada Settings dan ubah dari On menjadi Off pada Update Apps Automatically.
Windows 10 Menguras Kuota?, Coba dengan Cara Ini

Dengan cara-cara di atas anda bisa lebih menghemat kuota pada saat menggunakan Windows 10, bukan hanya cara di atas sebenarnya masih banyak cara lagi yang tidak saya posting di sini termasuk mematikan Windows Update mengapa?, ini dikarenakan Windows 10 masih dalam tahap perilisan awal jadi masih butuh banyak update dan mematikan update Windows merupakan hal yang tidak disarankan oleh saya.
UP