Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Not responding biasanya terjadi dengan tanda windows aplikasi menjadi putih dan judul berubah menjadi (Not Responding). Not responding tidak sama dengan istilah macet atau ngehang karena aplikasi yang not responding hanya tidak merespon tanggapan dari sang pengguna, aplikasi tersebut bisa saja tidak not responding lagi jika kita menunggunya sejenak. Disebut sama dengan macet dan ngehang karena sang pengguna tidak sabar menunggu aplikasi merespon dan menutup aplikasi tersebut dengan end task ataupun shutdown.

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Tetapi ada juga aplikasi not responding yang tidak merespon terus-menerus walaupun anda menunggunya seharian. Itu disebabkan oleh beberapa hal seperti hardware dan aplikasi, kita akan membahas apa saja yang menyebabkan komputer menjadi not responding pada artikel ini, mari kita simak yang berikut ini.

Terlalu banyak aplikasi

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Aplikasi pada komputer bisa mempermudah pengguna dalam menggunakan PCnya, tetapi jangan menginstall terlalu banyak aplikasi di komputer anda. Mengapa?, karena menginstall terlalu banyak aplikasi di PC akan membuat harddisk menjadi penuh dan itu akan menyebabkan komputer menjadi lambat. Jika komputer anda sering mengalami not responding, coba cek berapa aplikasi yang anda install, dan uninstall beberapa aplikasi yang jarang terpakai oleh anda.

Tema/tampilan yang berlebihan

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Tampilan yang terlalu berlebihan bisa menghabiskan banyak CPU Usage sehingga komputer akan terasa lambat dan aplikasi sering not responding. Coba lihat pada tema anda, jika anda menggunakan suatu aplikasi tambahan untuk mempercantik tampilan komputer anda, uninstall saja aplikasi tambahan tersebut. Anda bisa menurunkan efek dan tampilan pada Advanced system settings, minimalisir juga tampilan pada desktop anda seperti gadget dan shortcut.

Masalah pada Harddisk

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Harddisk merupakan tempat penyimpanan yang penting dan diperlukan pada sebuah komputer. Jika ada masalah pada harddisk maka komputer tidak akan berfungsi dengan baik. Masalah pada harddisk bermacam-macam salah satunya adalah bad sector, jika harddisk mengalami bad sector sebagian data pada komputer akan hilang atau tidak bisa dibuka. Faktor dari harddisk yang paling sering menyebabkan not responding adalah.

  • Terlalu banyak data pada harddisk/harddisk hampir penuh.
  • Harddisk jarang di-defrag, sehingga terlalu banyak fragmentasi pada harddisk anda dan menyebabkan komputer menjadi lambat.
  • Harddisk anda sudah lama sehingga menyebabkan penurunan kinerja harddisk dan proses menjadi lambat.
Adanya virus komputer

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Virus komputer bisa menguras CPU Usage yang sangat banyak, bukan hanya itu virus juga bisa memenuhi harddisk karena sifatnya yang bisa berganda dengan cepat sehingga komputer akan terasa sangat lambat. Coba cek antivirus anda, jika sebelumnya banyak notifikasi tentang virus, anda harus waspada bisa saja virusnya masih bertempat di komputer anda.

Spesifikasi komputer yang kurang

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Spesifikasi komputer bisa dikatakan hal yang paling menentukan lambat atau tidaknya sebuah komputer itu berproses. Jika spesifikasi komputernya pas-pasan maka tidak perlu kaget jika komputernya terasa lambat dan sering not responding. Jadi pilihlah komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi agar nantinya tidak terasa lambat pada saat menggunakan kompueter.
Tag : Komputer
UP