Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Software Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Hotspot WiFi merupakan tempat yang memiliki sinyal Wi-Fi. Hotspot wifi banyak diburu oleh orang-orang yang ingin mendapatkan akses internet cepat secara gratis. Banyak orang awam berpendapat bahwa jika ada hotspot wifi maka ada internet, tetapi pendapat itu sebenarnya salah, hotspot wifi tidak selalu memiliki koneksi internet.

Software Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Hotspot Wi-Fi pada umumnya berguna untuk membuat sebuah local area connection, dimana orang yang sudah terhubung ke hotspot wifi tersebut dapat berbagi file bersama perangkat lain yang ada di hotspot wifi tersebut. Jika koneksi internet sudah dipancarkan melalui hotspot wifi, maka semua perangkat yang terhubung ke hotspot wifi tersebut bisa mengakses internet.

Untuk membuat hotspot wifi kita memerlukan sebuah router wifi, jika tidak punya, kita bisa menggunakan laptop/komputer yang memiliki WiFi card di dalamnya dan support terhadap Hosted Network. Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara untuk menyalakan hotspot wifi dengan cmd, tetapi banyak orang yang bingung, karena itu di sini saya akan memberitahukan beberapa software yang berguna untuk menyalakan hotspot wifi dengan mudah.

Connectify

Aplikasi ini sudah terkenal karena kegunaannya yaitu menyalakan hotspot wifi. Bukan hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur-fitur lainnya yang tentunya sangat membantu dalam hal yang berkaitan dengan hotspot, seperti internet sharing connection, melihat orang yang menggunakan hotspot, merepeat koneksi, bridge koneksi, dan yang paling saya sukai yaitu Connectify dispatch yang bisa mencampur 2 koneksi internet atau lebih menjadi satu sehingga koneksi internet menjadi lebih cepat.

Aplikasi Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Connectify memiliki 3 versi yaitu Free, PRO, dan MAX. Connectify versi free bisa didownload dan digunakan secara gratis namun banyak fitur yang dihilangkan, salah satunya yaitu tidak bisa mengganti nama hotspot. Sedangkan jika kita ingin menggunakan versi PRO dan MAX kita harus membelinya terlebih dahulu. Versi MAX merupakan versi dengan fitur yang paling banyak. Untuk mendownload Connectify kita bisa mengunjungi website resminya yaitu www.connectify.me.

Virtual Router

Aplikasi Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Dari sekian banyak aplikasi untuk menyalakan hotspot, ini adalah aplikasi favorit saya dalam menyalakan hotspot karena ringan dan tidak terlalu memakan banyak RAM. Fitur yang ada pada aplikasi ini masih berupa fitur-fitur dasar seperti Internet Connection Sharing, menyalakan/mematikan hotspot, dan melihat informasi orang yang terhubung ke hotspot. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di website resminya yaitu https://virtualrouter.codeplex.com/.

mHotspot

Aplikasi Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi yang bisa didownload secara gratis. Fiturnya pun masih dasar, hampir mirip seperti Virtual Router namun ditambahkan fitur penghitungan data. Sayangnya aplikasi ini masih memiliki beberapa bug sehingga kadang-kadang mengalami masalah. Anda bisa mendownload aplikasi ini di website resminya yaitu http://www.mhotspot.com/.

Baidu WiFi Hotspot

Aplikasi Untuk Menyalakan Hotspot WiFi

Pernah mendengar iklan-iklan tentang Baidu?, atau anda pernah dengan tidak sengaja memasangnya. Aplikasi buatan China ini memang memiliki banyak fitur, salah satunya yaitu WiFi Hotspot. Fiturnya pun masih dasar, mirip seperti Virtual Router. Yang saya tidak senangi dari aplikasi ini yaitu terlalu berat untuk sebuah aplikasi yang fiturnya masih dasar. Anda dapat mendownload aplikasi ini di website resminya yaitu http://www.pcfaster.com/id/wifi.php.

Jika anda hanya ingin mempermudah menghidupkan hotspot wifi dan mematikannya, anda bisa mendownload file batch dengan link di bawah ini.


Setelah Bat didownload, ekstrak (keluarkan dari zip) ke tempat terserah anda, kemudian klik kanan pada file bat dan pilih Run As Administrator.

Silahkan dipilih aplikasinya, jika anda ingin aplikasi yang banyak fiturnya saya sarankan untuk memilih Connectify, jika anda ingin aplikasi dengan fitur dasar anda bisa memilih Virtual Router, mHotspot, atau Baidu WiFi Hotspot, jika anda hanya ingin mempermudah menyalakan dan mematikan hotspot anda bisa memakai bat file yang saya buat.
Tag : Software
UP