Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Tips Sebelum Membeli Laptop

Dulu laptop pernah menjadi barang mewah, terutama pada saat pertama kali perilisannya, ini dikarenakan dulu komputer tidak bisa dibawa kemana-mana karena memiliki bentuk serta berat yang besar. Sekarang hampir setiap orang memiliki laptop, bahkan ada orang yang menganggap laptop adalah kebutuhan primer, terutama bagi orang-orang yang memiliki usaha yang berkaitan dengan internet.

Tips Sebelum Membeli Laptop

Sebelum kita memiliki laptop, pastinya kita harus membelinya terlebih dahulu. Banyak orang yang setelah membeli laptop baru/bekas malah menyesal karena laptopnya tidak sesuai dengan kebutuhannya dan ingin segera membeli yang baru. Untuk mencegah hal tersebut kita harus mengetahui seperti apa laptop yang ingin kita beli, jangan lihat dari fisik saja. Di artikel ini saya akan membahas tips pada saat membeli laptop agar tidak menyesal nantinya, mari kita simak yang berikut ini.

Lihat informasi tentang laptop yang dijual

Untuk mencari laptop, kita bisa melihat informasi tentang laptop-laptop yang dijual melalui online shop di internet atau di toko-toko komputer yang ada di sekitar kita. Setelah itu lihat informasi tentang laptop yang dijual tersebut, terutama pada spesifikasinya, harganya, dan merk laptopnya. Jika anda sudah yakin dengan laptop itu, anda bisa menuju ke tips yang berikutnya.

Lihat spesifikasi laptop

Tips Sebelum Membeli Laptop

Spesifikasi laptop adalah penyebab orang menyesal membeli laptop paling besar, karena kebanyakan orang tidak melihat spesifikasi laptopnya terlebih dahulu, sehingga saat dipakai laptop terasa lambat karena spesifikasi yang tidak memadai. Spesifikasi laptop pada umumnya hampir sama dengan komputer dekstop seperti processor, RAM, VGA, VRAM, layar laptop, audio dan CD/DVD ROM.

Memilih spesifikasi laptop sesuai dengan keseharian

Keseharian masing-masing orang di dunia ini tentunya berbeda, ada orang yang menggunakan laptop hanya untuk browsing, dengar musik, nonton film dan yang lainnya. Untuk keseharian seperti ini kita bisa memilih laptop dengan spesifikasi enteng, seperti:
  • Processor, sekitar Intel Atom dan Intel Celeron (biasanya hanya dituliskan dengan Intel Inside), atau AMD E1. Untuk keseharian seperti ini kita bisa memilih processor berkecepatan rendah sekitar 1.0 GHz sampai 1.5 GHz, berarsitektur 32-bit.
  • RAM, untuk keseharian yang enteng kita bisa memilih RAM dari 1 - 2 GB, tetapi saya sarankan RAM 2GB.
  • VGA, untuk keseharian yang seperti ini kita tidak perlu membeli laptop dengan VGA tambahan (seperti nVidia, AMD RADEON, dll), laptop dengan VGA terintregrasi seperti Intel GMA saja sudah cukup.
  • Audio, untuk keseharian seperti mendengarkan musik, kita bisa memilih laptop dengan audio SonicMaster (ASUS) atau Dolby Surround.
  • Memiliki Wi-Fi.

Untuk keseharian pengguna laptop yang suka main game, atau nonton film HD, kita bisa memilih laptop dengan spesifikasi sedang seperti:
  • Processor, disarankan Intel Celeron atau Intel Core i3 dan i5, berkecepatan 1.5 GHz sampai 2.5 GHz, berarsitektur 32-bit sampai 64-bit. Dual Core.
  • RAM, minimal untuk gaming adalah 2 GB, disarankan lebih dari 2 GB.
  • VGA, VGAnya bebas yang penting ada VGA tambahan seperti AMD RADEON dan nVidia sudah sangat membantu dalam mencegah lag dalam game.
  • Wi-Fi, diperlukan jika kegiatan yang dilakukan sehari-hari memerlukan internet.
  • Audio, untuk keseharian seperti ini kita bisa memilih audio dengan suara yang jernih dan keras.

Untuk orang yang menggunakan laptop untuk 3D design, main game berat, multitasking, kita bisa memilih laptop dengan spesifikasi tinggi seperti:
  • Processor, disarankan Intel Core i5 sampai i7, berkecepatan 2.5 GHz atau lebih. Quad Core.
  • RAM, minimal 4 GB, disarankan 6 GB atau lebih.
  • VGA, memiliki VGA yang kuat (terutama untuk yang sering main game berat dan 3d design).
Lihat jenis baterai

Tips Sebelum Membeli Laptop

Dengan adanya baterai kita bisa menggunakan laptop dimana saja dan kapan saja, kecuali jika baterai laptop tersebut habis. Jenis baterai dan kapasitas baterai merupakan hal yang sangat mempengaruhi ketahanan baterai dan umur baterai. Jadi kita harus memilih jenis baterai yang tepat agar baterai tidak cepat rusak, Anda bisa melihat perbedaan baterai li-po dan li-ion di sini.

Melihat OS bawaan

Tips Sebelum Membeli Laptop

OS atau operating system merupakan software yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur hardware, contoh dari OS yaitu Windows, Linux, dll. Sebagian laptop biasanya dilengkapi dengan OS bawaan dari pabrik, OS yang ditawarkan biasanya seperti Windows 7 dan 8, ada juga yang Linux. Kalau bisa, pilih laptop dengan OS bawaan Windows asli saja agar lebih mudah penggunaannya dan dapat menghemat biaya.

Lihat keadaan laptop

Tips Sebelum Membeli Laptop

Pada saat kita membeli laptop baru maupun bekas, tentunya kita harus melihat terlebih dahulu keadaan laptopnya. Keadaan laptop bisa dilihat dari fisik maupun dari softwarenya, jika anda ingin membeli laptop bekas sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya plus dan minusnya dan apakah laptop pernah terbanting?. Tes juga suaranya, jika suara sudah pecah-pecah maka keadaan laptop tersebut sudah tidak baik.

Pilih ukuran layar

Tips Sebelum Membeli Laptop

Laptop memiliki beragam ukuran layar, ukuran layar ini juga mempengaruhi resolusi layar yang ada di dalam laptop. Pilihlah ukuran layar yang nyaman di mata anda dan sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari.
  • 11" - 13", disarankan untuk orang yang sering membawa laptopnya pergi, karena ukurannya yang kecil dan beratnya yang cukup ringan.
  • 13" - 14", ukuran layar ini merupakan ukuran yang paling sering digunakan oleh laptop menengah, layarnya cukup lebar dan nyaman di mata, tetapi lumayan berat untuk di bawa.
  • 15" - 17", ukuran layar yang ini biasanya digunakan oleh laptop-laptop gaming. Ukurannya besar jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya, laptop ini juga sangat berat untuk dibawa-bawa.
Pilih hybrid atau biasa

Tips Sebelum Membeli Laptop
Seiring berkembangnya teknologi, laptop pun juga ikut dikembangkan. Salah satu yang sedang populer sekarang adalah laptop hybrid, yaitu laptop yang mirip dengan tablet, layarnya bisa dipisah dari keyboard, toucscreen, dan ada yang bisa direntangkan sampai 180 derajat. Laptop hybrid pada umumnya memiliki OS Windows 8 atau lebih, laptop hybrid lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya dan tidak direkomendasikan untuk gaming.

Pilih merek laptop

Tips Sebelum Membeli Laptop

Kualitas laptop biasanya ditentukan dari mereknya, jika kualitasnya bagus maka merek tersebut akan terkenal sebagai merek laptop yang awet dan sebaliknya. Jadi minta pendapat dari orang lain yang sudah berpengalaman memakai laptop dari beberapa merek, biasanya mereka dapat memberikan saran karena sudah pernah memakai laptop dengan merek yang bersangkutan. Atau anda bisa mengambil dari sini Merek laptop terbaik di dunia tahun 2015.

Lihat ukuran keyboard

Tips Sebelum Membeli Laptop

Keyboard merupakan salah satu hardware input yang berfungsi untuk memasukkan huruf atau karakter-karakter tertentu ke dalam komputer. Jika anda sering mengetik, maka anda harus menyesuaikan kenyamanan anda terhadap keyboard, lihat apakah jari anda bisa mengetik dengan nyaman dan cepat.

Sesuaikan dengan jumlah uang anda

Hal yang terpenting dalam membeli laptop adalah uangnya. Sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu laptop yang ingin dibeli dengan kebutuhan sehari-hari dan uang yang anda miliki. Pikir ke depannya jika anda ingin membeli modem atau langganan internet, maka anda harus membagi dana ke laptop dan akses internet.

Lihat garansi laptop

Tips Sebelum Membeli Laptop

Banyak produsen laptop yang sudah memberanikan dirinya untuk memasang garansi kepada beberapa produknya. Garansi ini berfungsi jika laptop rusak tanpa sepengetahuan kita, jika laptop terjatuh atau tercebur air maka garansi tidak berlaku. Jika laptop ada garansinya berarti laptop tersebut sudah dijamin ketahanannya minimal sampai garansi laptop tersebut berakhir.

Pilih toko laptop yang terpercaya

Tips Sebelum Membeli Laptop

Toko laptop terpercaya bisa ditemukan di sekitar tempat anda atau kota-kota besar. Dan bisa diketahui dari orang-orang yang pernah membeli laptop, toko laptop yang terpercaya biasanya memiliki sertifikat dari beberapa perusahaan seperti Microsoft yaitu Microsoft Gold Partner. Dengan membeli laptop dari toko yang terpercaya kita bisa meminimalisir pembelian laptop yang palsu.

Dengan tips-tips di atas semoga anda bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari dan tidak menyesal nantinya jika sudah membeli laptop.
UP