Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Jangan Menginstall Banyak Antivirus Dalam Satu Komputer

Jangan Menginstall Banyak Antivirus Dalam Satu Komputer
Software antivirus diperlukan untuk melindungi komputer dari virus-virus komputer yang beredar di dunia sekarang, dapat melalui internet maupun tangan ke tangan. Sangat dianjurkan oleh OS untuk memasang antivirus agar lebih aman dari serangan virus. Antivirus juga memerlukan update database dari pusatnya agar lebih handal dalam melacak virus. Dalam memilih antivirus haruslah cerdik, pilih antivirus yang sudah berpengalaman dan sudah terbukti kehandalannya.

Namun kebanyakan orang berpikir bahwa menginstall banyak antivirus akan lebih aman dan lebih baik, tetapi faktanya dalam menginstall antivirus banyak dalam satu komputer malah perlindungannya akan lebih buruk.

Menginstall banyak antivirus juga tidak dianjurkan oleh OS, tidak ada operating system yang menyuruh agar si pengguna memperbanyak antivirus di komputernya. Antivirus sebenarnya hanya dibutuhkan satu dalam setiap komputer dan bukannya dua, tiga atau seterusnya.

Dampak yang akan dirasakan jika menginstall banyak antivirus dalam satu komputer akan sangat terasa. Seperti kinerja komputer akan semakin berkurang karena kedua antivirus tersebut memenuhi RAM dan menggunakan processor dengan kinerja ekstra sehingga komputer akan terasa seperti lag, loading lama, atau sebutan lainnya.

Dua antivirus tersebut bisa konflik satu sama lain. Dikarenakan saat salah satu antivirus itu sedang menscan harddisk tiba-tiba ia menemukan antivirus satunya lagi, karena tingkah lakunya seperti virus maka si antivirus yang sedang menscan menganggap si antivirus tersebut adalah virus, dan saat antivirus tersebut dikarantina maka antivirus tersebut akan menganggap antivirus yang memasukkannya adalah virus, dan hal ini akan terjadi berulang-ulang dan tidak akan selesai, dan tentu akan lebih membutuhkan kerja ekstra.

Jadi dengan ini semoga anda paham mengapa kita sebaiknya tidak menginstall banyak antivirus dalam satu komputer. Satu antivirus saja sudah cukup.
UP