Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Istilah-istilah Dalam Task Manager

Task Manager merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada di Windows pada saat pertama kali diinstall. Aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk mengakhiri proses yang berjalan (karena not responding) atau hanya sekedar mengawasi proses yang sedang berjalan. Namun bukan hanya itu kegunaan task manager, masih banyak lagi yang bisa kita lakukan seperti melihat penggunaan CPU, network, service, RAM, dan masih banyak lagi.

Istilah-istilah yang ada di Dalam Task Manager

Jika komputer sedang macet karena ada suatu proses yang not responding, agan bisa langsung memanfaatkan Task Manager dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC dan End Task proses yang sedang not responding tersebut, kemudian komputer akan berjalan normal kembali. Ini adalah salah satu contoh dari penggunaan task manager, tetapi coba sekali-kali lihat tab lain seperti tab performance, RAM, service, dan kurang lebih Anda akan bingung karena banyak istilah-istilah aneh.

Di sini saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah aneh yang ada pada task manager tersebut, terutama pada task manger milik Windows 8. Berikut ini adalah istilah-istilah dalam task manager.

Pada bagian CPU

Istilah-istilah Dalam Task Manager

Pertama, kita akan membahas tentang istilah-istilah yang ada di dalam bagian CPU terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasannya.

Utilization - Utilization bisa kita temukan di tab performance, lalu ke CPU. Jika CPU utilization meningkat, maka grafiknya pun ikut meningkat. Sebenarnya apa sih Utilization itu?, jika utilization diartikan ke bahasa Indonesia maka akan berarti penggunaan, pemanfaatan. Jadi utilization itu menunjukan seberapa besar penggunaan CPU, dan pada umumnya utilization akan meningkat jika komputer sedang dipakai untuk pekerjaan berat seperti 3D design, game berat, dan yang lainnya.

Speed - Menampilkan kecepatan CPU pada saat ini. Jika power settings diganti menjadi High Performance maka speed akan meningkat maksimum mendekati angka Maximum speed, jika power settings diganti menjadi Battery Saver maka speed akan menurun untuk menghemat penggunaan baterai.

Processes - Menampilkan jumlah semua proses yang sedang berjalan.

Threads - Threads bisa diibaratkan seperti program mini di dalam satu program yang bekerja secara bersamaan. Beda thread maka beda juga pekerjaannya. Misalnya pada browser, satu thread akan menangani sistem UI, thread lain menangani koneksi, thread lainnya menangani html, dan lain-lain.

Handles - Handles pada umumnya adalah sumber daya milik sistem yang dipakai oleh program. Ketika program ingin mengakses sumber daya sistem, seperti file atau koneksi jaringan, program tersebut akan meminta sumber daya tersebut kepada OS. OS akan menyediakan kendali (handle) kepada resources tersebut.

Up time - Menunjukan lamanya komputer dinyalakan sejak komputer tersebut direstart.

Pada bagian memory

Istilah-istilah Dalam Task Manager

Bagian CPU sudah kita bahas, selanjutnya adalah bagian Memory. Memory di sini bukan hanya RAM saja, tetapi juga mencakup memory yang lain seperti virtual memory. Berikut adalah penjelasannya.

In use - Menampilkan jumlah RAM yang sedang dipakai oleh proses, driver, dan sistem operasi.

Available - Menampilkan jumlah RAM yang dapat di isi oleh data.

Commited - Menampilkan jumlah virtual memory yang sedang dipakai.

Cached - Jumlah dari standby dan modified.

Paged pool - Memori yang dialokasikan dalam kernel mode untuk komponen yang ada di dalam kernel mode, driver, dan lain-lain, juga dapat dipindahkan ke commited memory jika RAM fisik sedang penuh.

Non-paged pool - Memori yang dialokasikan dalam kernel mode untuk komponen yang ada di dalam kernel mode, driver, dan lain-lain. Bedanya dengan paged pool, memory ini tidak bisa dipindahkan ke dalam commited memory, sehingga akan selalu berjalan di RAM fisik.

Modified - Jika Anda tidak melihat tulisan modified di gambar yang saya berikan itu wajar karena tulisan tersebut akan muncul jika kita menaruh kursor di bagian Memory composition. Modified adalah memory yang isinya harus dipindahkan ke disk sebelum dapat digunakan untuk tujuan lain.

Standby - Memory yang berisi data cache dan kode yang sedang tidak digunakan.

Pada bagian disk

Istilah-istilah Dalam Task Manager

Disk yang dimaksud disini bukan hanya harddisk, tetapi juga SSD. Di task manager, menu disk ini berguna untuk memonitor penggunaan disk dan melihat performa disk.

Active time - Merupakan persentase waktu yang dihabiskan pada saat harddisk read atau write ke disk fisik seperti harddisk, flashdisk, dll.

Average response time - Waktu respons rata-rata yang dilakukan oleh harddisk. Pada umumnya average response time ini akan meningkat jika active time ikut meningkat.

Read speed - Read speed yang dilakukan oleh disk.

Write speed - Write speed yang dilakukan oleh disk.

Apa itu read dan write pada disk?

Jika Anda belum mengerti read dan write, read adalah situasi dimana harddisk sedang membaca data pada disk, contohnya adalah pada saat loading game, sedangkan write adalah situasi dimana harddisk sedang menulis data pada disk, contohnya adalah mengcopy file ke disk.

Pada bagian jaringan (Wi-Fi, Ethernet)

Istilah-istilah Dalam Task Manager

Akhirnya sudah sampai ke bagian jaringan. Di bagian jaringan ini mencakup Wi-Fi, Bluetooth, Ethernet, dan lain-lain. Berikut adalah istilah di task manager dan penjelasannya.

Send - Menampilkan kecepatan data yang dikirim ke luar komputer, lebih simpelnya lagi adalah upload speed.

Receive - Menampilkan kecepatan data yang diterima dari luar komputer ke dalam komputer, lebih simpelnya lagi adalah download speed.

Istilah lainnya

Bukan hanya di tab performance, di bagian lain juga masih ada istilah yang mungkin belum Anda ketahui seperti di bawah ini.

PID - Merupakan singkatan dari Process ID, menampilkan id proses dengan nomor yang unik. Setiap proses memiliki PID yang berbeda-beda.

End task - Digunakan untuk menghentikan suatu proses yang sedang berjalan.

End process tree - Hampir mirip dengan end task, tetapi perbedaanya adalah end process tree akan menghentikan semua proses yang berkaitan dengan proses yang di-end process tree tersebut.

Create dump file - Biasa digunakan oleh programmer untuk mengetahui dan memperbaiki bug pada aplikasi tersebut. Jika suatu proses terhenti tiba-tiba, maka Windows akan menanyakan untuk mengirim dump file ke developer aplikasi tersebut, jika kita mengklik OK, maka proses yang terhenti dengan tiba-tiba tersebut akan dibuat dump filenya dan dikirim ke developer aplikasi tersebut untuk diperbaiki masalahnya.

Set priority - Dipakai untuk mengatur prioritas suatu proses.

Set affinity - Pilihan ini jarang dipakai dan biasanya untuk developer dalam mendebug aplikasinya. Set affinity berguna untuk memaksa program agar berjalan dengan processor core yang dipilih saja.

Analyze wait chain - Ini adalah tool khusus untuk menangani proses yang not responding. Ini akan membantu dalam menemukan proses yang menyebabkan proses tersebut menjadi hang atau not responding.

Debug - Biasanya dipakai oleh developer dan digunakan untuk mendebug atau mengatasi bug suatu aplikasi.

Sekarang Anda sudah mengerti tentang istilah-istilah dalam task manager, sebenarnya masih banyak istilah lain tetapi hanya ini yang bisa saya tulis saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat.
Tag : Komputer
UP