Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Hal-hal yang Dilakukan Setelah Menginstall Ulang Windows

Install ulang windows merupakan hal yang umum terjadi sekarang ini. Disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti terkena virus, data rusak, windows corrupt, dan lain-lain yang menyebabkan komputer tidak bisa bekerja dengan baik kembali sehingga dibutuhkan install ulang. Saat menginstall ulang kita akan mengformat partisi sehingga disk menjadi kosong dan menginstall kembali windows sehingga masalah-masalah tidak ada lagi dan Windows kembali seperti default.

Hal-hal yang Dilakukan Setelah Menginstall Ulang Windows

Namun perlu diperhatikan saat sudah selesai menginstall ulang Windows, banyak orang yang hanya menginstall ulang Windows dan tidak melakukan hal-hal yang sebenarnya sangat perlu dilakukan pada saat itu. Hal ini juga terjadi pada tempat servis komputer yang tidak melakukan hal-hal yang sebaiknya dilakukan agar si pemilik komputer tersebut mengeluh dan kembali ke tempat servis tersebut.

Bagi anda yang sudah menginstall ulang Windows sebaiknya lakukan hal-hal di bawah ini.

Memasang driver sesuai hardware komputer
Driver sudah seperti artinya jika diartikan ke bahasa Indonesia yaitu pengendara. Driver berguna untuk menugasi hardware agar bekerja dengan baik. Jika tidak ada driver maka komputer tidak akan bekerja dengan baik, khususnya untuk bermain game akan sangat terasa seperti patah-patah, fps drop dan sebagainya. Anda bisa mendownload driver dari website manufatucturer sesuai dengan merk dan tipe komputer anda. Baca juga Driver yang harus diinstall setelah menginstall ulang laptop.

Mematikan Windows Update
Windows update merupakan fitur yang diberikan khusus untuk windows yang gunanya untuk mengupdate Windows dan runtime lainnya ataupun mengupdate antivirus khususnya windows defender. Hal ini khusus dilakukan untuk windows bajakan, jika merasa windows anda asli maka seharusnya ada stiker Windows 8 dibawah komputer atau serial numbernya tersendiri. Jika anda menginstall ulang komputer di tempat servis komputer berarti windows anda bajakan dan anda harus mematikan Windows update. Windows update akan mengupdate sekaligus memeriksa apakah windows anda asli atau tidak jika ditemukan serial number yang bajakan secara otomatis Windows anda akan menjadi hitam dan membutuhkan install ulang kembali. Jadi segeralah mematikan Windows update. Anda bisa melihatnya di Cara Mematikan Automatic Update Pada Windows.

Memasang antivirus (opsional)
Antivirus berguna untuk melindungi anda dari virus yang dibuat oleh orang untuk mencuri data ataupun untuk mengganggu anda di saat anda sedang bekerja. Setelah anda menginstall ulang windows sebenarnya ada 1 antivirus default windows yaitu windows defender, namun antivirus tersebut tidak sangat handal terutama untuk virus-virus lokal.

Memasang runtime seperti DirectX, .Net framework, dll (opsional)
Saat sudah selesai menginstall ulang Windows, tidak ada runtime apapun tidak ada directx tidak ada .net framework, tidak ada visual c++ ataupun yang lainnya, runtime tersebut berfungsi untuk menjalankan aplikasi tertentu, tidak semua runtime harus dipasang, sesuaikan dengan aplikasi yang dipasang pada komputer anda saja.

Mempatch Windows (mengaktivasi windows)
Patch windows sebenarnya perlu hanya saja tidak perlu jika windows anda memang benar-benar asli. Namun jika tidak diaktivasi anda akan terus ditanyakan untuk mengaktivasi windows.

Memasang Aplikasi Umum (Browser, Media player, winrar, ms office)
Aplikasi seperti WinRar dan media player biasanya sangat sering digunakan, dan jika tidak ada aplikasi itu maka kita tidak bisa membuka beberapa file, dan sebaiknya pasang aplikasi tersebut ataupun aplikasi yang lainnya sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari.
Tag : Komputer
UP