Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Intel Luncurkan Thunderbolt 3 Dengan Kecepatan Transfer 40 Gbps

Seiring perkembangan jaman, para manusia tentunya masih mencari-cari jawaban untuk memecahkan masalah mereka. Intel telah meluncurkan Thunderbolt 3 yang sebelumnya Thunderbolt 2 dalam USB tipe C. Pertama kali masyarakat mengenal USB tipe C adalah pada saat Apple meluncurkan Macbook terbarunya dengan slot USB tipe C. Sepertinya perusahaan-perusahaan lain mendukung perkembangan teknologi yang dibuat oleh Apple pada saat membuat USB type C, termasuk Intel.

Intel Luncurkan Thunderbolt 3 Dengan Kecepatan Transfer 40 Gbps

Pada hari Selasa, 2 Juni 2015 kemarin. Intel telah mengungumkan bahwa mereka sedang mengembangkan Thunderbolt versi terbaru yaitu versi ketiga yang menggunakan USB tipe C sebagai konektornya. Teknologi Thunderbolt 3 ini bisa mentransfer data mencapai 40 Gbps. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi Thunderbolt 3 ini dua kali lebih cepat daripada Thunderbolt 2, 4 kali lebih cepat daripada USB 3.1, dan 8 kali lebih cepat daripada USB 3.0. USB tipe C ini sangat cocok untuk mentransfer file-file yang sangat besar.

Contohnya Thunderbolt 3 ini dapat mentransfer film 4K hanya dalam waktu 30 detik, dan satu slot Thunderbolt ini bisa digunakan untuk televisi, printer, audio, mic secara bersamaan tanpa ngadat. Thunderbolt 3 ini juga dapat menghubungkan 1 CPU dengan dua layar 4K sekaligus. Coba bayangkan anda memakai komputer dengan resolusi mencapai 8K! tanpa macet-macet.

Thunderbolt 3 ini juga dapat menghubungkan VGA external ke laptop anda dikarenakan kecepatanna yang luar biasa cepat gaming game berat pun tidak jadi masalah. Anda bisa langsung menset semua setting graphics menjadi high.

Thunderbolt 3 akan hadir dalam pasar pada akhir tahun ini, dan memiliki dua versi. Versi pertama mendukung kecepatan 20 Gbps dan support untuk USB 3.1, DisplayPort 1.2. Sedangkan versi kedua menggunakan kabel tembaga yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 40 Gbps, dan pastinya menggunakan slot USB tipe C. USB tipe C memiliki beberapa kelebihan daripada USB yang lainnya diantaranya desain yang lebih kecil, dan performa yang lebih tangguh.

Intel mengatakan bahwa mereka sedang berusaha untuk mengembangkan Thunderbolt dengan kecepatan 40 Gbps yang menggunakan perantara kabel fiber optik, dan diharapkan teknologi Thunderbolt dengan fiber optik ini dapat diluncurkan pada tahun 2016.
Tag : Komputer
UP