Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...

Cara Mereset Password Windows 7

Cara Mereset Password Windows 7 - Windows 7 merupakan OS yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2009, OS ini juga mendapat sambutan yang baik pada saat dirilis sehingga Microsoft mendapatkan untung yang sangat banyak pada saat itu. Namun sayangnya OS ini tidak cukup aman dan sangat mudah untuk ditweak ataupun diretas. Salah satunya adalah password yang digunakan untuk login ke komputer, ternyata password tersebut bisa direset dengan mudah sehingga pengguna lain yang tidak mengetahui passwordnya bisa masuk ke dalam komputer.

Cara Mereset Password Windows 7

Sebenarnya trik ini sudah lama, tetapi masih bekerja sampai sekarang ini. Cara ini juga sangat cocok digunakan pada saat lupa password komputer khususnya untuk yang ber-OS Windows 7. Untuk membobolnya kita hanya perlu membuka sebuah window command prompt dan mengganti passwordnya dengan command net user.

Ingat gunakan cara ini dengan bijak dan jangan gunakan untuk hal yang tidak-tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk membobol password Windows 7.

1. Nyalakan komputer, kemudian matikan secara paksa pada saat startup atau booting dengan cara mencabut kabel power atau menekan tombol power selama 5 detik.

2. Setelah itu, nyalakan lagi komputer sampai muncul dialog Windows Error Recovery (jika tidak muncul ulangi lagi dari tahap 1). Pilih Launch Startup Repair lalu tekan Enter.
Cara Membobol Password Windows 7

3. Setelah itu komputer tersebut akan booting, dan melakukan troubleshooting. Jika ada dialog yang menanyakan tentang Do you want to restore your computer using System Restore? pilih saja Cancel.
Cara Membypass Password Windows 7

4. Kemudian tunggu sampai proses troubleshooting selesai, biasanya proses ini membutuhkan waktu 15 - 20 menit, bahkan bisa lebih jika troubleshooter melibatkan harddisk error checking (bisa sampai 2 jam).

5. Jika sudah selesai biasanya akan muncul dialog Startup Repair cannot repair this computer automatically, klik pada View problem details.
Cara Mereset Password Windows 7

6. Lalu scroll ke bawah dan klik pada link X:\windows\system32\en-US\errofflps.tst.
Lupa password Windows 7

7. Kemudian akan muncul window notepad, klik pada File (yang ada di pojok kiri atas), dan pilih Save As.
Cara Membobol Password Windows 7

8. Lalu masuk ke harddisk dimana Anda menginstall Windows, jika di C, maka Anda harus pilih partisi D. Ubah juga Save as type menjadi All Files.
Cara Menjebol Password Windows 7

9. Masuk ke folder Windows, di dalam folder Windows masuk lagi ke folder System32. Kemudian cari file bernama sethc, jika sudah ketemu ubah namanya menjadi yang lain, di sini saya akan mengubah namanya menjadi sethc old.
Cara Mereset Administrator Password Windows 7

10. Kemudian cari file cmd, jika sudah ketemu, copy file tersebut kemudian paste di System32 sehingga akan ada file cmd - Copy. Rename file cmd - Copy tersebut menjadi sethc.
Cara Mereset Administrator Password Windows 7

11. Lalu restart dengan cara menutup semua window (window Save As dan notepad), dan klik Finish. Jika ada dialog Are you sure you want to exit Startup Repair and restart your computer? klik pada Yes. Setelah itu komputer akan restart dan masuk ke halaman login seperti biasa.
Cara Mereset Administrator Password Windows 7

12. Jika sudah masuk ke halaman login, tekan tombol SHIFT 5 kali sampai muncul Command Prompt. Pada window Command Prompt, ketik net user kemudian tekan Enter, dan catat usernamenya.
Cara mereset password windows 7

13. Masih di window Command Prompt, ketik lagi net user username passwordbaru, ganti kata username dengan nama user yang ingin diganti passwordnya, dan passwordbaru dengan password baru yang ingin digunakan, misalnya net user rafidaslam passwordbaru. Jika sudah, tekan tombol Enter pada keyboard, dan akan ada tulisan The command completed successfully yang menandakan bahwa password berhasil diganti.
Cara Mereset Password Windows 7

14. Tutup window Command Prompt, dan Anda bisa langsung masuk ke Windows dengan password yang baru diatur tadi.

Memperbaiki sethc (Sticky keys)

Tadi kita sudah mengubah nama sethc menjadi sethc old, dan nama sethc kini sebenarnya adalah cmd. Jadi kita hanya perlu mengganti file sethc ke file aslinya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka folder C:\Windows\System32, kemudian hapus file sethc yang memiliki ikon cmd.
Cara Mereset Password Windows 7

2. Kemudian copy file sethc old ke desktop, saat di desktop ubah namanya menjadi sethc, kemudian copy sethc yang di desktop dan paste di folder System32.
Cara Mereset Password Windows 7

Selesai!, kini sethc sudah benar kembali, dan Anda sudah bisa masuk ke Windows lagi. Untuk login berikutnya gunakan password yang sama (yang baru diganti), Anda juga bisa menghapus passwordnya setelah masuk ke Windows melalui Control Panel. Ingat gunakan tutorial ini dengan bijak, misalnya untuk membuka komputer Windows 7 yang lupa password.
UP